Pantai Pandawa, Keindahan Rahasia dari Pulau Bali yang Wajib Dikunjungi

Pulau Bali memiliki keindahan pantai yang sudah tidak perlu dipertanyakan lagi. Salah satu pantai yang viral di Pulau Bali adalah Pantai Pandawa.

Dahulu, belum banyak orang yang tahu mengenai pantai ini. Bahkan, banyak orang menyebut pantai ini sebagai the secret beach dikarenakan lokasinya yang berada di balik tebing-tebing tinggi.

Dalam waktu singkat, pantai di Pulau Bali ini bisa menjadi destinasi pantai favorit yang populer di kalangan wisatawan lho.

Nah, jika kamu berencana untuk menghabiskan waktu berlibur di Pulau Dewata, tempat wisata ini bisa jadi pilihan untuk kamu kunjungi.

Apalagi saat ini akses untuk menuju pantai ini bisa dilakukan mudah lho. Sebelum mengunjungi pantai ini, yuk simak penjelasan Pantai Pandawa berikut ini.

Kemolekan Pantai Pandawa

Ketika kamu datang ke pantai di Desa Kutuh ini, kamu akan disambut indahnya pemandangan laut lepas yang begitu memanjakan mata.

Garis pantai yang terbentang sepanjang 1 km ini dihiasi pasir putih mempunyai tekstur halus. Pantai ini menjadi salah satu destinasi wisata dengan pasir putih yang terlihat sangat indah lho.

Kemolekan Pantai Pandawa

Hamparan laut luas menampilkan banyak warna elok yang mampu melepas lelah kamu dari aktivitas sehari-hari. Dari jauh, kamu bisa melihat birunya laut yang langsung menghadap ke Samudra Hindia.

Warna laut itu berubah semakin hijau di kedalaman yang lebih dangkal dan semakin mendekat ke pantai. Tentu kombinasi warna tersebut terlihat begitu memukau.

Pantai ini relatif terjaga kebersihannya, sehingga kamu bisa bermain di pantai dengan tenang. Apalagi ombak pantai ini tidak terlalu besar lho.

Kamu bisa menghabiskan waktu di pantai ini sambil berenang di tepi pantai yang jernih. Ada banyak biota laut yang dapat kamu lihat di sepanjang tepi pantai saat kamu berenang di pantai cantik ini.

Lokasi dan Rute Pantai

Tertarik untuk mengunjungi Pantai Pandawa? Sebelum pergi ke sana tentu kamu harus lokasi pantai ini terlebih dahulu. Pantai ini berlokasi di kawasan wisata Kuta Selatan, Kabupaten Badung, Provinsi Bali.

Lokasi dan Rute Pantai
Lokasi dan Rute Pantai (Sumber: Google Maps: SIVAPRASAD BC)

Meskipun awalnya hanya beberapa orang saja yang tahu tentang pantai ini, nyatanya pantai ini sekarang menjadi salah satu tempat wisata populer di Pulau Dewata.

Sebenarnya lokasi pantai ini sangat strategis dan dekat dengan tempat wisata lainnya lho. Jarak lokasi pantai ini dengan Bandara Ngurah Rai hanya berjarak 18 km saja yang bisa ditempuh dalam waktu 1 jam perjalanan.

Akses menuju pantai ini bisa ditempuh menggunakan berbagai jenis kendaraan, baik motor, mobil, bus, dan kendaraan lainnya.

Rute perjalanan ke pantai ini dari Bandara Ngurah Rai adalah melalui arah By Pass Ngurah Rai menuju ke Universitas Udayana. Lanjutkan perjalanan sampai kamu melewati Jalan Darmawangsa.

Rute itu bisa dilanjutkan hingga kamu sampai di Pantai Pandawa. Rute ini akan terasa lebih menantang karena banyaknya tikungan dan tanjakan yang cukup curam.

Selain dari Bandara Ngurah Rai, kamu juga bisa pergi ke pantai ini menggunakan rute lainnya yaitu dengan menggunakan rute menuju Garuda Wisnu Kencana.

Rute perjalanan ini melewati Jalan Uluwatu lalu mengarah ke Jalan Pura Batu Pageh. Teruskan perjalanan hingga kamu bisa menemukan Pantai Pandawa.

Alamat: Bali

Jam Buka dan Biaya Tiket Masuk

Salah satu hal yang penting untuk diperhatikan ketika mengunjungi pantai adalah mengetahui jam buka tempat tersebut.

Jam Buka dan Biaya Tiket Masuk

Dengan mengetahui jam buka tempat wisata, kamu bisa merencanakan perjalanan liburan dengan lebih maksimal. Oleh karena itu, kamu wajib tahu jam buka dari tempat wisata populer pantai pasir putih yang cantik ini.

Pantai Pandawa ternyata buka hingga 24 jam lho. Tentu hal tersebut akan semakin memudahkan kamu ketika ingin berwisata ke tempat tersebut.

Kamu bisa memilih untuk mengunjungi pantai tersebut kapan dan jam berapa saja sesuai dengan keinginan kamu.

Namun, jika kamu ingin menikmati suasana yang teduh dan sejuk, maka pergilah ke pantai ini saat pagi atau sore hari.

Di pagi atau sore hari, kamu dapat melihat pemandangan pantai yang mengagumkan dan tampilan sunrise atau sunset yang mempesona.

Menghabiskan waktu sambil menikmati pemandangan tersebut merupakan salah satu cara untuk menghilangkan perasaan stres dan lelah setelah beraktivitas.

Kabar baiknya, pantai indah ini dapat kamu kunjungi dengan harga yang terjangkau lho. Tiket masuk menuju pantai ini dibanderol harga Rp 8.000 saja untuk orang dewasa, dan Rp 4.000 untuk anak-anak.

Selain biaya tiket masuk, kamu juga perlu menyiapkan biaya parkir kendaraan yaitu Rp 2.000 untuk motor dan Rp 5.000 untuk mobil. Wah, cukup terjangkau, ya!

KategoriHargaJam Operasional Setiap Hari
Tiket Masuk Dewasa8.00024 Jam
Tiket Masuk Anak4.00024 Jam
Parkir Motor2.00024 Jam
Parkir Mobil5.00024 Jam

Fasilitas Pantai Pandawa

Fasilitas Pantai Pandawa

Semakin banyak fasilitas yang tersedia di tempat wisata, semakin nyaman para wisatawan ketika berada di tempat itu. Pantai Pandawa menyediakan banyak fasilitas yang bisa digunakan para wisatawan lho.

Jadi, kamu bisa berwisata dengan nyaman dan tenang saat sedang liburan ke pantai cantik ini. Inilah beberapa fasilitas yang bisa kamu temukan di pantai ini.

1. Tempat Parkir Luas

Tempat parkir merupakan fasilitas utama yang harus ada di setiap tempat wisata. Tanpa adanya tempat parkir, kamu pasti kesulitan dan merasa was-was ketika meninggalkan kendaraan.

Di Pantai Pandawa, ada fasilitas tempat parkir yang luas, sehingga mampu menampung banyak kendaraan dengan mudah.

Selain nyaman dan luas, tempat parkir ini berada di area sekitar bibir pantai lho. Hal tersebut membuat kamu tidak perlu jauh-jauh jalan kaki menuju ke pantai.

Hanya beberapa langkah saja, kamu sudah bisa sampai di pantai cantik ini. Letak tempat parkir yang berada di bibir pantai akan menghemat waktu dan tenaga kamu, bukan ?

2. Tempat Makan

Berwisata ke pantai kurang lengkap kalau kamu belum mencoba makanan dan minuman di tempat tersebut.

Tersedia cukup banyak tempat makan yang menjual berbagai aneka makanan dan minuman segar. Tempat makan yang ada di sekitar pantai ini menjual banyak menu makanan dan minuman yang bisa kamu coba.

Beberapa menu makanan yang banyak dijual di tempat makan di pantai ini adalah nasi goreng, mie goreng, ayam, seafood, bahkan menu dari negara barat juga ada lho.

Jadi, kamu tidak perlu membawa bekal jika berkunjung ke pantai ini karena banyak sekali warung makan yang menyediakan menu lezat di pantai ini.

3. Tempat Bilas dan Toilet

Fasilitas lain yang bisa kamu temukan di pantai ini adalah tempat bilas dan toilet. Fasilitas ini penting untuk tersedia karena pasti banyak pengunjung yang membutuhkan tempat membilas badan setelah puas bermain di pantai.

Tempat bilas dan toilet ada cukup banyak di tempat ini yang memungkinkan kamu menggunakannya tanpa harus mengantri lama.

Kebersihan dari tempat bilas dan toilet di pantai ini juga cukup terjaga. Kamu dapat membersihkan diri setelah bermain pasir atau berenang dengan nyaman dengan fasilitas tempat bilas dan toilet yang ada di pantai ini.

4. Pelayanan Informasi

Pantai pandawa memberikan pelayanan terbaik melalui fasilitas yang cukup lengkap di tempat tersebut.

Salah satu fasilitas yang akan mempermudah para pengunjung adalah dengan tersedianya pelayanan informasi.

Fasilitas ini dibutuhkan saat ada pengumuman penting untuk para pengunjung seperti adanya barang hilang, orang tersesat atau hilang, dan berbagai informasi penting lainnya.

5. Ambulans

Fasilitas lain yang bisa kamu jumpai di pantai ini adalah terdapat mobil ambulans yang selalu siaga di kawasan pantai tersebut.

Mobil ini bisa digunakan jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan pada pengunjung atau pegawai di pantai ini.

Tersedianya fasilitas mobil ambulans akan mempercepat proses penanganan jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Daya Tarik Pantai Pandawa

Pantai Pandawa memiliki daya tarik yang membuat para wisatawan berdecak kagum ketika tiba ke tempat ini.

Tak heran jika dalam waktu sebentar saja, pantai ini sudah ramai dikunjungi oleh para pengunjung, bukan hanya dari wisatawan lokal saja, melainkan dari luar negeri lho.

Kamu yang belum pernah ke pantai ini harus tahu apa saja daya tarik istimewa yang akan ditemukan jika liburan ke pantai ini. Yuk, simak apa saja daya tarik dari pantai yang indah dan mempesona ini!

Daya Tarik Pantai Pandawa

1. Pemandangan Tebing Kapur dan Samudra Hindia

Salah satu daya tarik yang bisa kamu temukan di pantai ini adalah pemandangan Samudra Hindia yang begitu mempesona.

Sesaat setelah kamu membayar tiket masuk, kamu akan melintasi jalan beraspal yang di pinggirnya ada tebing kapur cantik. Tebing kapur itu semakin eksotis dengan aneka tanaman hijau yang melapisi tebing tersebut.

Selain itu, kamu bisa melihat pemandangan Samudra Hindia dengan jelas dan garis pantai berwarna putih.

Melihat pemandangan Samudra Hindia sepanjang perjalanan menuju pantai tentu akan memberikan pengalaman cantik untuk kamu.

2. Patung Pandawa

Daya tarik yang cuma bisa kamu temukan di Pantai Pandawa ialah terdapat patung Panca Pandawa lho.

Patung-patung ini berjumlah 6 dan diletakkan pada lubang-lubang yang ada di tebing pantai. Sesuai namanya, tokoh yang menjadi inspirasi dari patung-patung tersebut berasal dari kisah Pandawa yaitu Arjuna, Bima, Dharma Wangsa, Sadewa, Nakula, dan Ibu Kunti.

Adanya patung-patun ini mengundang decak kagum untuk wisatawan yang melihatnya. Patung-patung itu berjejer di sepanjang jalan menuju ke arah pantai.

Banyak wisatawan yang menjadikan patung ini sebagai spot foto lho. Nah, kalau kamu ingin berkunjung ke tempat wisata ini jangan lupa untuk mengabadikan momen dengan menggunakan kamera di spot foto ini, ya!

3. Pantai Pasir Putih

Pantai dengan pasir putih masih menjadi destinasi wisata para wisatawan. Kamu bisa menemukan pantai pasir putih yang cantik dipandang mata tersebut bila berlibur ke Pantai Pandawa.

Pantai ini menawarkan pemandangan pantai yang menarik dengan pasir putih lembut di sepanjang garis pantai.

Pantai ini semakin menarik untuk dikunjungi karena air lautnya yang jernih sekali. Kamu bisa bermain pasir di tepi pantai sambil melihat keindahan laut yang mempesona.

Aktivitas Menarik di Pantai Pandawa yang Bisa kamu Coba

Pantai menjadi salah satu tempat wisata yang seru dan menyenangkan. Hal ini karena kamu bisa menikmati pemandangan pantai sekaligus juga melakukan berbagai aktivitas seru lainnya.

Di Pantai Pandawa ini, kamu bisa memiliki pengalaman yang seru dengan mencoba berbagai tipe aktivitas. Yuk, simak apa saja aktivitas yang bisa kamu coba di pantai cantik ini.

1. Berenang dan Bermain Pasir

Jangan takut untuk berenang karena ombak pantai ini relatif tenang dan aman lho. Nikmati sensasi berenang di pantai yang memiliki air jernih sambil melihat biota laut yang indah.

Selain berenang, kamu juga bisa bermain pasir untuk membentuk istana, rumah, atau berbagai bentuk lucu lainnya. Aktivitas-aktivitas ini bisa kamu lakukan bersama keluarga atau teman terdekat kamu selama berada di Pantai Pandawa

2. Bermain Selancar

Hal seru lainnya yang bisa kamu kerjakan di pantai ini adalah dengan bermain selancar. Ombak di pantai ini relatif aman untuk para peselancar.

Tak heran jika banyak peselancar yang pilih Pantai Pandawa sebagai tempat yang hebat untuk berselancar.

Datanglah pada Bulan April-Oktober untuk bisa bermain selancar karena ombak sedikit akan tinggi di saat itu.

3. Berjemur

Berjemur

Jangan lupa untuk berjemur jika kamu sedang berwisata ke pantai. Di tempat wisata ini, kamu bisa menyewa kursi untuk berjemur dengan harga yang cukup terjangkau.

Hanya dengan Rp 50.000/jam, kamu sudah bisa menyewa kursi untuk berjemur dan payungnya. Pakai kacamata hitam sebagai perlengkapan kamu selama berjemur di pantai, ya!

4. Snorkling

Pantai Pandawa memiliki air laut yang jernih dan banyak jenis biota laut di tempat ini. Untuk kamu yang ingin menikmati pemandangan bawah air laut, bisa mencoba snorkling untuk menjelajahi pemandangan bawah air yang menakjubkan.

Tak perlu membawa peralatan snorkling dari rumah karena di tempat ini ada penyewaan menyelam yang cukup lengkap.

Harga sewa peralatan snorkling di sekitar pantai ini juga tidak terlalu mahal lho. Cukup siapkan uang sejumlah Rp 70.000-Rp 125.000 saja, kamu sudah bisa menikmati pemandangan cantik bawah laut di pantai ini.

5. Pijat

Pijat tradisional memang paling cocok jika dilakukan di tepi pantai yang memiliki suasana santai dan sejuk.

Di pantai ini, kamu bisa menyewa jasa pijat tradisional yang bisa dilakukan sambil berjemur di tepi pantai. Harga sewa jasa pijat di tempat ini berkisar antara Rp 40.000 sampai dengan Rp 130.000 saja lho.

6. Paralayang

Ingin mencoba aktivitas yang menantang adrenalin? Paralayang adalah jawabannya. Bermain paralayang bisa dimulai dari Bukit Timbis untuk melihat pemandangan pantai yang begitu mempesona.

Kamu bisa lebih leluasa melihat cantiknya pemandangan Pantai Pandawa di atas permukaan bila bermain paralayang.

Bila kamu ingin mencoba wahana permainan ini, kamu harus naik Bukit Timbis terlebih dahulu. Selain itu siapkan budget sebesar Rp 400.000 untuk bermain paralayang.

7. Sewa Perahu Kano

Berkeliling pantai dengan menyewa perahu kano merupakan aktivitas yang asyik dan seru untuk dilakukan.

Sewa Perahu Kano

Kamu bisa melihat birunya air laut dan biota laut yang ada di bawah permukaan air dengan menyewa perahu kano.

Cukup bayar Rp 50.000 sampai dengan Rp 70.000 untuk bisa menyewa perahu kano selama durasi waktu 1 jam.

Hotel Mewah dekat Pantai Pandawa

Pantai Pandawa, dengan pemandangan pantai yang menakjubkan dan pasir putih yang halus, adalah salah satu destinasi wisata terbaik di Bali.

Bagi kamu yang mencari penginapan mewah di dekat Pantai Pandawa, berikut adalah tiga hotel yang menawarkan pengalaman menginap tak terlupakan, Ulu Segara Luxury Suites & Villas, Pandawa Hill Resort, dan Samabe Bali Suites & Villas.

1. Ulu Segara Luxury Suites & Villas

Ulu Segara Luxury Suites & Villas
Ulu Segara Luxury Suites & Villas (Sumber: Agoda: Ulu Segara Luxury Suites & Villas)

Ulu Segara Luxury Suites & Villas adalah pilihan ideal bagi kamu yang mencari kemewahan dan privasi. Hotel ini menawarkan suite dan vila yang dilengkapi dengan fasilitas modern dan pemandangan laut yang spektakuler.

Setiap unit di Ulu Segara memiliki desain elegan yang mencerminkan budaya Bali, dengan ruang tamu luas, kamar tidur yang nyaman, dan balkon pribadi untuk menikmati matahari terbenam yang memukau.

Fasilitas Unggulan:

  • Kolam renang pribadi di setiap vila.
  • Spa mewah dengan berbagai pilihan perawatan.
  • Restoran dengan menu internasional dan lokal.
  • Layanan antar-jemput ke Pantai Pandawa.

Menginap di Ulu Segara akan memberikan kamu pengalaman yang tak terlupakan, dengan layanan bintang lima dan kenyamanan yang sempurna untuk beristirahat setelah seharian menjelajah Pantai Pandawa.

Berikut perkiraan harga yang perlu kamu ketahui:

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp2.185.378,00 per malam

Pesan Kamar Sekarang Ulu Segara Luxury Suites & Villas DISKON Up To 85%

2. Pandawa Hill Resort

Pandawa Hill Resort
Pandawa Hill Resort (Sumber: Agoda: Pandawa Hill Resort)

Pandawa Hill Resort menawarkan akomodasi yang nyaman dengan harga terjangkau, menjadikannya pilihan populer bagi wisatawan.

Terletak hanya beberapa menit dari Pantai Pandawa, resort ini menyediakan berbagai jenis kamar yang sesuai dengan kebutuhan kamu, mulai dari kamar standar hingga suite dengan pemandangan laut.

Fasilitas Unggulan:

  • Kolam renang outdoor.
  • Restoran dengan masakan Bali dan internasional.
  • Pusat kebugaran.
  • Layanan sewa sepeda untuk menjelajahi sekitar.

Pandawa Hill Resort adalah tempat yang sempurna untuk menginap jika kamu menginginkan akses mudah ke Pantai Pandawa tanpa harus mengeluarkan biaya yang besar. Staf yang ramah dan fasilitas yang memadai akan membuat liburan kamu semakin menyenangkan.

Berikut perkiraan harga yang perlu kamu ketahui:

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp515.862,00 per malam

Pesan Kamar Sekarang Pandawa Hill Resort DISKON Up To 58%

3. Samabe Bali Suites & Villas

Samabe Bali Suites & Villas
Samabe Bali Suites & Villas (Sumber: Agoda: Samabe Bali Suites & Villas)

Samabe Bali Suites & Villas adalah resort mewah yang menawarkan pengalaman menginap yang eksklusif.

Terletak di tebing dengan pemandangan Samudra Hindia, Samabe menyediakan suite dan vila dengan desain yang elegan dan fasilitas kelas atas. Setiap unit memiliki ruang yang luas, kolam renang pribadi, dan akses langsung ke pantai.

Fasilitas Unggulan:

  • Paket all-inclusive untuk kenyamanan maksimal.
  • Aktivitas olahraga air dan kebudayaan Bali.
  • Restoran fine dining dengan berbagai pilihan kuliner.
  • Layanan butler pribadi.

Menginap di Samabe Bali Suites & Villas akan memberikan kamu layanan personal yang luar biasa dan kenyamanan mewah, menjadikannya pilihan yang sempurna untuk liburan romantis atau bulan madu.

Berikut perkiraan harga yang perlu kamu ketahui:

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp6.494.845,00 per malam

Pesan Kamar Sekarang Samabe Bali Suites & Villas DISKON Up To 91%

Makanan khas Bali

Bali, selain terkenal dengan pantai-pantainya yang indah dan budayanya yang kaya, juga memiliki beragam kuliner khas yang lezat.

Bagi kamu yang berkunjung ke Pulau Dewata, berikut adalah 5 kuliner khas Bali yang wajib dicoba untuk pengalaman kuliner yang tak terlupakan.

  1. Babi guling: Adalah hidangan ikonik Bali yang terbuat dari babi muda yang dipanggang utuh dengan bumbu khas Bali. Dagingnya yang lembut dan kulitnya yang renyah menjadikan babi guling sebagai salah satu kuliner yang paling dicari wisatawan. Biasanya disajikan dengan nasi, sayuran, dan sambal matah yang pedas.
  2. Ayam betutu: Adalah hidangan ayam yang dimasak dengan bumbu rempah khas Bali dan dibungkus dengan daun pisang, kemudian dipanggang atau dikukus hingga empuk. Rasanya yang kaya akan rempah dan aroma yang harum membuat ayam betutu menjadi favorit banyak orang.
  3. Sate lilit: Adalah sate khas Bali yang terbuat dari daging cincang, biasanya daging ikan, ayam, atau babi, yang dicampur dengan kelapa parut dan bumbu khas Bali, lalu dililitkan pada batang serai sebelum dibakar. Rasanya yang gurih dan harum membuat sate lilit menjadi camilan yang sempurna.
  4. Lawar: Adalah campuran daging cincang, kelapa parut, dan bumbu rempah khas Bali yang diolah menjadi hidangan yang lezat. Lawar dapat dibuat dengan berbagai jenis daging, seperti babi, ayam, atau bebek, dan biasanya disajikan sebagai pendamping nasi.
  5. Nasi Campur Bali: Adalah hidangan nasi putih yang disajikan dengan berbagai lauk pauk, seperti ayam suwir, lawar, sate lilit, telur, dan sambal matah. Setiap warung nasi campur memiliki variasi lauk yang berbeda, menjadikannya hidangan yang menarik untuk dicoba berulang kali.
  6. Jika kamu berkunjung ke Pulau Bali, jangan lupa untuk mampir ke Pantai Pandawa, ya! kamu bisa mendapatkan pengalaman liburan yang tidak terlupakan selama berada di pantai pasir putih ini lho. Bagaimana, apa kamu tertarik untuk mengunjungi pantai ini?