Manjakan Mata dengan Liburan di Pantai Pangandaran yang Eksotis

Tempat wisata pantai terindah dan dikagumi banyak orang ialah Pantai Pangandaran. Tempat wisata ini sudah populer dan selalu ramai dikunjungi para wisatawan.

Berwisata di pantai pasir putih ini adalah pilihan yang terbaik, terutama bagi kamu yang ingin melihat pemandangan eksotis dari laut yang menghadap ke Samudra Hindia ini. Maka tak heran jika tempat wisata pantai ini begitu populer di kalangan para wisatawan, baik dalam negeri maupun mancanegara.

Jika kamu berkunjung ke Jawa Barat, pastikan untuk mengunjungi pantai cantik ini, ya. Masukkan tempat wisata ini sebagai salah satu tempat yang wajib dikunjungi saat sedang berada di Jawa Barat.

Bagi kamu yang belum pernah ke tempat ini dan berencana untuk mengunjunginya, boleh banget nih untuk melihat ulasan Pantai Pangandaran yang sudah disiapkan di bawah ini.

Informasi Umum tentang Pantai Pangandaran

Sebelum mengunjungi pantai cantik ini, kamu pastikan tahu apa saja informasi umum mengenai tempat wisata ini.

Pantai yang terletak di Jawa Barat ini sebenarnya sudah lama dikenal oleh banyak wisatawan, baik lokal atau luar negeri.

Hal ini tidak lepas dari daya tariknya yang cantik dan mengundang decak kagum bagi siapa saja yang berkunjung ke pantai cantik ini.

Lokasi pantai Pangandaran ini tepatnya berada di semenanjung pantai selatan di Jawa Barat. Jarak antara tempat wisata ini dari Kota Ciamis adalah sekitar 91 km.

Informasi Umum tentang Pantai Pangandaran

Satu hal menarik mengenai pantai ini adalah lokasinya yang berada di pertengahan antara Kota Bandung dan Yogyakarta.

Lokasinya yang cukup strategis itu membuat pantai ini menjadi tempat wisata yang populer dan mudah diakses.

Pantai ini bisa menjadi pilihan yang pas untuk wisata bersama keluarga. Kamu bisa berlibur dan membuat kenangan seru dan menyenangkan bersama anggota keluarga di pantai eksotis ini.

Sejak dahulu pantai ini menjadi tempat dimana nelayan akan berangkat atau pulang untuk cari ikan. Aktivitas nelayan itu bisa kamu lihat sampai saat ini.

Terdapat 2 sisi pantai yang bisa kamu temukan di tempat ini yakni sisi barat dan timur. Masing-masing sisi pantai memiliki karakter yang berbeda lho. Yuk, simak apa saja karakteristik pantai sisi barat dan timur di bawah ini.

1. Pantai Sisi Barat

Pada sisi barat pantai Pangandaran, kamu bisa menemukan pemandangan pantai cantik melalui deretan bukti dan hutan yang merupakan cagar alam.

Sisi barat pantai ini sangat pas untuk kamu yang ingin mencari tempat wisata tenang dengan pemandangan eksotis. Di kawasan ini kamu bisa berenang dengan tenang karena ombaknya yang tidak terlalu besar.

Selain berenang, kamu juga bisa melakukan berbagai aktivitas yang hebat seperti berjemur, bersantai, atau berjalan-jalan sambil menikmati pemandangan alam yang memukau. Masih banyak lagi keindahan yang bisa kamu temukan di sisi bagian barat dari Pantai Pangandaran ini.

2. Pantai Sisi Timur

Sisi timur dari Pantai Pangandaran juga tidak kalah bagus dari bagian barat lho. Selain menyuguhkan pemandangan yang luar biasa, pantai sisi timur ini menjadi tempat favorit dan tepat untuk berbagai macam olahraga air.

Bermain berbagai jenis wahana air tentu akan membuat kamu memiliki pengalaman yang seru dan menyenangkan.

Nah, jika kamu mengunjungi pantai di sisi timur, ada baiknya kamu coba wahana permainan air yang menyenangkan dan hebat untuk dilakukan ini.

Selain bermain wisata air, kamu juga bisa menemukan pasar ikan yang jual hasil tangkapan para nelayan. Ikan yang ada di pasar ini pasti masih memiliki kualitas bagus dan fresh, sehingga cocok sebagai oleh-oleh untuk dibawa pulang.

Rute Perjalanan Menuju Tempat Wisata

Pantai Pangandaran terletak di Jalan Bulak Laut No. 50, Pananjung, Pangandaran, Jawa Barat. Lokasi wisata ini memiliki lokasi yang cukup strategis dan bisa diakses menggunakan kendaraan jenis apapun.

Ada beberapa rute yang bisa ditempuh jika kamu berminat untuk mengunjungi pantai cantik ini lho. Kamu pastikan menyimak baik-baik rute ini agar perjalanan ke pantai jadi lebih mudah.

Rute Perjalanan Menuju Tempat Wisata
Rute Perjalanan Menuju Tempat Wisata (Sumber: Google Maps: awkward think)

Jika kamu menggunakan kendaraan bus dan datang dari Jakarta, maka kamu bisa pilih jurusan Kp. Rambutan-Pangandaran.

Rute menuju pantai melalui jalur darat juga bisa dilakukan dari Kota Bandung dengan mengambil jalur Bandung- Tasikmalaya-Banjar-Pangandaran. Selain itu, rute lain yang bisa diambil dari jalur darat adalah Solo-Cilacap-Kalipucang-Pangandaran.

Rute menuju pangandaran juga bisa ditempuh melalui jalur udara lho. Rute jalur udara memang lebih efektif dan lebih hemat waktu jika dibandingkan jalur darat.

Oleh karena itu, kamu bisa memilih rute udara yang lebih praktis ini. Adapun jalur udara bisa kamu tempuh dengan tujuan Pangandaran Bandara Nusawiru.

Alamat: Jawa Barat

Keistimewaan yang Ada di Pantai

Pantai Pangandaran memiliki banyak sekali keistimewaan yang harus kamu tahu. Banyaknya keistimewaan yang ada pada pantai ini tentu akan membuat para wisatawan menjadi senang ketika berkunjung.

Apa saja keistimewaan yang ada di pantai eksotis ini? Yuk, ketahui keistimewaan dari pantai cantik ini!

1. Pantai yang Landai

Pantai pasir putih ini ternyata masuk ke dalam salah satu jenis pantai yang landai lho. Pantai dengan tipikal seperti ini biasanya memiliki jarak antara pasang dan surut yang cukup lama.

Pantai yang Landai

Hal itu membuat pantai ini cukup aman digunakan sebagai tempat berenang untuk par wisatawan yang berkunjung. Selain itu, air di pantai ini jernih sekali, sehingga kamu bisa melihat pemandangan bawah air.

2. Daya tarik Matahari Terbit dan Tenggelam

Pemandangan matahari terbit dan tenggelam merupakan salah satu daya tarik yang menjadi favorit para wisatawan.

Di Pantai Pangandaran, kamu bisa melihat daya tarik sunset dan sunrise yang begitu memukau lho. Jika kamu ingin melihatnya secara langsung, maka datanglah ke pantai ini pada pagi atau sore hari, ya.

Pemandangan matahari terbit dan tenggelam ini bisa kamu temukan di sisi barat atau timur pantai lho.

Jadi, kamu tidak perlu bingung untuk memilih liburan ke sisi bagian mana untuk melihat cantiknya sunrise dan sunset. Kamu bisa menikmati pemandangan dan pesona yang indah pagi dan sore ini sambil bersantai di tepi pantai eksotis ini.

3. Pantai Pasir Putih

Pantai dengan pasir putih adalah salah satu daya tarik yang banyak dikagumi oleh para wisatawan.

Kombinasi pasir putih dengan jernihnya air laut adalah salah satu ciri khas yang dimiliki oleh Pantai Pangandaran ini.

Kamu bisa melihat dengan jelas biota apa saja yang ada di bawah permukaan air laut jika berkunjung ke pantai ini.

Menikmati pemandangan pantai yang eksotis sambil bermain pasir dapat jadi hal yang kamu lakukan saat berkunjung ke tempat tempat wisata ini.

Oleh karena itu, pantai ini adalah salah satu rekomendasi yang pas untuk kamu saat berniat untuk liburan ke Jawa Barat.

4. Terdapat Goa Jepang

Seperti yang diketahui, setiap pantai memiliki ciri khas yang membuatnya berbeda dengan pantai lainnya.

Hal itu juga bisa kamu dapatkan jika berkunjung ke pantai ini. Tempat wisata ini menghadirkan banyak keistimewaan yang bukan hanya mengenai pantai. Salah satu keistimewaan yang tidak semua pantai memilikinya ialah adanya goa Jepang di tempat ini.

Goa Jepang adalah salah satu peninggalan perang dunia ke-2 yang hingga saat ini masih tersisa.

Pada zaman dahulu, goa alami dan buatan yang ada di pantai ini digunakan sebagai bunker untuk berperang. Saat ini, goa-goa itu menjadi salah satu daya tarik wisata dari pantai yang ada di Jawa Barat ini.

Selain menikmati pemandangan pantai yang cantik, kamu juga bisa melihat secara langsung peninggalan perang dunia ke-2 di tempat ini.

Berwisata ke pantai ini akan menambah pengetahuan kamu tentang sejarah dan menyuguhkan pemandangan cantik yang memanjakan mata.

5. Ada Air Terjun

Pantai ini memiliki banyak sekali daya tarik dan keistimewaan yang tidak ada habisnya. Keistimewaan lain yang bisa kamu temukan di tempat wisata ini adalah air terjun.

Tidak semua pantai memiliki air terjun di sekitar wilayahnya, sehingga ini bisa jadi daya tarik dari pantai cantik ini.

Setelah puas menikmati pemandangan dan bermain di pantai, kamu bisa langsung menuju ke air terjun.

Hal itu bisa membuat kamu mendapatkan pengalaman yang seru dan menyenangkan selama berlibur di pantai cantik ini . Jadi, jangan lupa untuk mengunjungi air terjun ini saat berkunjung ke Pantai Pangandaran, ya!

6. Biota Laut yang Mempesona

Selain menikmati pemandangan pantai yang cantik, kamu juga bisa melihat berbagai jenis biota laut yang ada di bawah air.

Ada banyak sekali biota laut yang mempesona dan bisa kamu lihat saat sedang berenang atau menyelam di pantai ini. Keindahan tanaman laut dan berbagai jenis kehidupan laut begitu memukau dilihat oleh mata.

Harga Tiket Masuk Pantai Pangandaran

Ingin liburan dengan budget yang terjangkau? Pantai Pangandaran adalah jawaban yang tepat untuk kamu.

Harga Tiket Masuk Pantai Pangandaran
Harga Tiket Masuk Pantai Pangandaran (Sumber: Google Maps: Cipto Sudrajat)

Tempat ini memang menjadi salah satu tempat wisata paling populer di Jawa Barat. Selain memiliki pemandangan cantik dan fasilitas memadai, hal yang membuat pantai ini begitu diminati adalah harga tiket masuk yang cukup terjangkau.

Tiket masuk ke pantai ini memiliki harga yang bervariasi. Biasanya, harga dari tiket masuk itu disesuaikan kendaraan yang kamu gunakan ketika sampai di pantai.

RetibusiHarga
Tiket Masuk Pejalan KakiRp10.000
Tiket Masuk Sepeda MotorRp20.000
Tiket Masuk Jeep/SedanRp60.000
Tiket Masuk Mini Bus KecilRp95.000
Tiket Masuk Mini Bus BesarRp135.000
Tiket Masuk Bus KecilRp205.000
Tiket Masuk Bus SedangRp295.000
Tiket Masuk Bus BesarRp515.000

Jam Operasional

Memahami jam operasional Pantai Pangandaran sangat penting untuk menghindari kekecewaan dan memaksimalkan pengalaman liburan kamu.

Jam operasional ini mencakup waktu pembukaan dan penutupan pantai, Berikut ini adalah jam operasional di Pantai Pangandaran yang perlu kamu ketahui:

Jam Operasional
Jam Operasional (Sumber: Google Maps: farhiya group)
HariJam Operasional
Senin24 Jam
Selasa24 Jam
Rabu24 Jam
Kamis24 Jam
Jumat24 Jam
Sabtu24 Jam
Minggu24 Jam

Fasilitas Pantai

Fasilitas pantai adalah salah satu hal yang akan mempengaruhi kenyamanan para pengunjung. Tanpa adanya sarana yang baik, tentunya pengunjung dapat merasa kurang nyaman waktu berwisata di tempat itu.

Oleh karena itu, Pantai Pangandaran memiliki fasilitas lengkap yang bisa digunakan oleh para wisatawan ketika berkunjung ke pantai ini.

Fasilitas Pantai
Fasilitas Pantai (Sumber: Google Maps: sinru)

Banyaknya fasilitas yang ada membuat para pengunjung pantai bisa melakukan aktivitas apa saja yang seru dan menyenangkan.

Pastinya kamu ingin mendapatkan pengalaman terbaik dong selama berkunjung ke pantai ini? Yuk, ketahui apa saja fasilitas untuk para pengunjung yang bisa kamu temukan di pantai cantik ini.

1. Bumi Perkemahan

Berkemah di sekitar pantai adalah pilihan terbaik untuk menghabiskan waktu liburan bersama keluarga dan teman terdekat.

Jika kamu sedang mencari tempat perkemahan dengan pemandangan yang luar biasa, pantai ini adalah solusinya.

Tempatnya yang nyaman dan aman membuat kamu bisa berkemah di pantai ini tanpa perlu khawatir sama sekali.

2. Money Changer, Pelayanan Pos, dan Telekomunikasi

Pantai Pangandaran memberikan berbagai fasilitas terbaik untuk para pengunjungnya. Bahkan, pantai ini juga menyediakan layanan money changer yang bisa membantu wisatawan asing ketika menukar uang.

Tentu dengan adanya fasilitas ini, para wisatawan mancanegara bisa lebih nyaman saat berada di tempat wisata ini.

Selain money changer, ada fasilitas lain yang bisa kamu temukan di pantai ini seperti pelayanan pos dan telekomunikasi.

Para pengunjung bisa memanfaatkan fasilitas tersebut jika sedang membutuhkannya. Fasilitas ini dapat menjadi salah satu hal yang membuat para wisatawan menjadi lebih tenang dan nyaman ketika berada di pantai ini.

3. Tempat Parkir

Tempat parkir yang luas ada di tempat wisata ini lho. Ukurannya yang luas membuat para pengunjung bisa lebih bebas dan leluasa dalam memarkirkan kendaraan.

Berbagai macam kendaraan bisa muat di parkir ini lho. Kamu tidak perlu khawatir parkir penuh dengan kendaraan karena lahan parkir di pantai ini tergolong luas.

4. Sewa Sepeda dan Ban

Banyaknya fasilitas yang tersedia di tempat wisata ini memungkinkan kamu untuk melakukan berbagai aktivitas. Salah satu aktivitas yang bisa kamu lakukan ketika berada di pantai adalah bersepeda.

Kamu tidak perlu membawa sepeda dari rumah karena terdapat tempat sewa sepeda di sekitar pantai ini. Tentunya hal itu lebih praktis dilakukan daripada kamu harus membawa sepeda sendiri dari rumah.

Aktivitas lain yang bisa kamu coba ketika berada di Pantai Pangandaran adalah berenang. Salah satu perlengkapan renang yang banyak dipakai ialah ban.

Di pantai ini, kamu bisa menyewa ban dengan harga yang cukup terjangkau lho. Aktivitas berenang jadi lebih seru jika kamu juga bersenang-senang dengan menggunakan perlengkapan ban.

5. Waterboom

Fasilitas lain yang bisa kamu temukan di Pantai Pangandaran ialah tersedianya waterboom. Wahana bermain ini pasti menjadi daya tarik yang banyak disukai oleh para pengunjung, terutama anak-anak.

Oleh karena itu, tempat wisata ini cocok digunakan untuk liburan bersama keluarga. Para pengunjung bisa bermain air dengan lebih seru dengan waterboom di pantai ini.

6. Jetski

Fasilitas penyewaan jetski tersedia di sekitar Pantai Pangandaran lho. Bagi kamu yang suka dengan wahana permainan air ini wajib banget untuk mencobanya.

Pasalnya , jetski di pantai ini bisa kamu sewa dengan harga yang sangat terjangkau . Jadi, kamu bisa mendapatkan pengalaman yang hebat dan menyenangkan jika menyewa wahana olahraga air ini.

Hotel Bagus dekat Pantai Pangandaran

Jika kamu merencanakan liburan ke Pantai Pangandaran, pilihan akomodasi yang nyaman dan strategis adalah kunci untuk pengalaman yang tak terlupakan.

Berikut ini kami sajikan ulasan mengenai tiga hotel yang berada dekat dengan Pantai Pangandaran, Surya Kencana Seaside Hotel Pangandaran, Sun In Pangandaran Hotel, dan Krisna Beach Hotel.

1. Surya Kencana Seaside Hotel Pangandaran

Surya Kencana Seaside Hotel Pangandaran
Surya Kencana Seaside Hotel Pangandaran (Sumber: Agoda: Surya Kencana Seaside Hotel Pangandaran)

Surya Kencana Seaside Hotel Pangandaran menawarkan pengalaman menginap yang menyenangkan dengan pemandangan langsung ke pantai.

Terletak hanya beberapa langkah dari Pantai Pangandaran, hotel ini adalah pilihan sempurna bagi kamu yang ingin menikmati keindahan pantai tanpa perlu pergi jauh.

Fasilitas:

  • Kolam renang.
  • Restoran dengan menu lokal dan internasional.
  • Layanan kamar 24 jam.
  • Wi-Fi gratis.
  • Area parkir yang luas.

Berikut perkiraan harga yang perlu kamu ketahui:

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp372.552,00 per malam

Pesan Kamar Sekarang Surya Kencana Seaside Hotel Pangandaran DISKON Hingga 79%

2. Sun In Pangandaran Hotel

Sun In Pangandaran Hotel
Sun In Pangandaran Hotel (Sumber: Agoda: Sun In Pangandaran Hotel)

Sun In Pangandaran Hotel merupakan pilihan yang tepat untuk keluarga dan pelancong yang mencari kenyamanan dan kemudahan akses ke berbagai tempat wisata di Pangandaran. Hotel ini dikenal dengan pelayanan yang ramah dan suasana yang menyenangkan.

Fasilitas:

  • Kolam renang anak dan dewasa.
  • Restoran dengan pilihan menu sehat.
  • Pusat kebugaran.
  • Ruang pertemuan dan acara.
  • Wi-Fi gratis.

Berikut perkiraan harga yang perlu kamu ketahui:

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp341.298,00 per malam

Pesan Kamar Sekarang Sun In Pangandaran Hotel DISKON Hingga 61%

3. Krisna Beach Hotel

Krisna Beach Hotel
Krisna Beach Hotel (Sumber: Google Maps: mochamad yamin amzah)

Krisna Beach Hotel adalah pilihan ideal bagi wisatawan yang menginginkan akomodasi dengan nuansa tropis dan tenang.

Hotel ini menawarkan kenyamanan maksimal dengan akses mudah ke Pantai Pangandaran dan pemandangan alam yang memukau.

Fasilitas:

  • Kolam renang outdoor.
  • Restoran dengan pemandangan pantai.
  • Spa dan layanan pijat.
  • Wi-Fi gratis.
  • Layanan antar-jemput.

Berikut perkiraan harga yang perlu kamu ketahui:

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp457.752,00 per malam

Pesan Kamar Sekarang Krisna Beach Hotel DISKON Hingga 69%

Kuliner Khas Pangandaran yang Wajib Dicoba Wisatawan

Kuliner Khas Pangandaran yang Wajib Dicoba Wisatawan

Pangandaran, Jawa Barat, bukan hanya dikenal dengan keindahan pantainya, tetapi juga dengan kelezatan kuliner khas yang sayang untuk dilewatkan.

Berikut adalah rekomendasi kuliner khas Pangandaran yang wajib dicoba wisatawan saat berkunjung:

  • Seafood segar Pangandaran: Tak lengkap rasanya jika berkunjung ke Pangandaran tanpa mencicipi aneka seafood segar. Dari ikan bakar, cumi-cumi goreng, hingga udang saus tiram, semua tersedia di restoran tepi pantai dan warung makan lokal.
  • Pepes ikan: Adalah salah satu hidangan tradisional Jawa Barat yang sangat populer di Pangandaran. Ikan segar yang dibumbui dengan rempah-rempah khas dan dibungkus daun pisang, lalu dipanggang hingga matang, memberikan cita rasa yang unik dan lezat.
  • Nasi Liwet: Adalah hidangan nasi yang dimasak dengan santan dan rempah-rempah, biasanya disajikan dengan ayam kampung, sayuran, dan sambal. Rasanya yang gurih dan lezat membuatnya menjadi favorit banyak wisatawan.
  • Mie kocok Pangandaran: Adalah hidangan mie berkuah yang disajikan dengan kikil sapi, bakso, tauge, dan seledri. Kuah kaldu yang kaya rasa membuat hidangan ini menjadi pilihan yang pas untuk dinikmati setelah beraktivitas di pantai.
  • Rujak kangkung: Adalah makanan khas yang terdiri dari kangkung segar yang direbus, disajikan dengan bumbu rujak yang pedas dan manis. Kombinasi kangkung yang renyah dan bumbu yang menggugah selera ini menjadi camilan yang menyegarkan.

Kesimpulan

Itulah sedikit ulasan mengenai Pantai Pangandaran yang cantik ini. Bagaimana, kamu tentu tertarik untuk mengunjungi tempat wisata ini, bukan ?

Nah, liburan ke pantai memang menyenangkan. Jangan lupa untuk mengabadikan momen lewat jepretan kamera, ya! Latar belakang pemandangan pantai eksotis bisa membuat fotomu jadi lebih menarik. Selamat liburan di pantai, ya!