Pantai Pok Tunggal, Surga Tersembunyi di Gunung Kidul

Pantai Pok Tunggal mungkin masih asing ditelinga sebagian orang. Tempat yang berlokasi di kabupaten Gunung Kidul ini memang kurang begitu familiar seperti Parangtritis, Indrayanti, ataupun sejumlah pantai besar Yogyakarta lainnya.

Namun meskipun belum begitu populer, Pantai Pok Tunggal memiliki pemandangan yang tidak kalah memikat, lho.

Seperti sebagian pantai yang terdapat di kawasan pesisir selatan, pantai ini juga memiliki pasir putih yang eksotis dan pemandangan laut yang menawan.

Selain itu, objek wisata ini juga memiliki lokasi tersembunyi yang dikelilingi oleh perbukitan karst dan tebing karang yang menjulang tinggi.

Karena pesona dan kecantikannya, pantai tersebut kemudian mendapatkan panggilan sebagai surga wisata bahari yang tersembunyi.

Jika kamu penasaran dengan kecantikan objek wisata tersebut. Jangan lupa memasukkan Pantai Pok Tunggal sebagai tempat tujuan pada saat melancong ke Jogjakarta.

Lokasi Pantai Pok Tunggal

Pantai Pok Tunggal adalah salah satu destinasi wisata yang dapat ditemukan di kota Yogyakarta, tepatnya di desa Tepus, kecamatan Tepus, Gunung Kidul.

Lokasi Pantai Pok Tunggal
Lokasi Pantai Pok Tunggal (Sumber: Google Maps: Anto AF)

Jika datang dari kota Jogja, perjalanan akan memakan waktu sekitar 2 jam jika lalu lintas sedang normal. Ketika berkendara dari kota Yogyakarta, sebaiknya ambil jalur menuju wilayah Wonosari.

Setelah tiba di Wonosari, pengunjung dapat mengambil rute ke arah selatan menuju Tepus. Begitu sampai di daerah Tepus, kamu dapat mengikuti rambu-rambu yang menuntun ke arah Pantai Baron.

Ketika sudah berada di dekat Pantai Baron, kamu dapat mengambil rute kiri yang akan mengarahkan ke Pantai Indrayanti.

Ikuti terus jalur lurus hingga sampai pada pertigaan, kemudian ambil jalan beraspal yang ada di posisi kiri. Jalur ini akan mengantarkan kamu ke Pantai Pok Tunggal.

Rute menuju objek wisata tersebut tidaklah mudah karena harus melalui jalan yang sempit, berkelok, dan cukup terjal.

Namun, ketika sudah sampai di lokasi, semua kelelahan akan terbayar lunas. Keindahan dan panorama yang ditawarkan sebanding dengan perjuangan untuk sampai ke tempat tersebut.

Alamat: Daerah Istimewa Yogyakarta

Tarif Tiket Pantai Pok Tunggal

Tarif Tiket Pantai Pok Tunggal
Tarif Tiket Pantai Pok Tunggal (Sumber: Google Maps: muh darwis umar)

Berlibur ke Pantai Pok Tunggal sangat menguntungkan karena kamu tidak perlu mengeluarkan biaya besar untuk menikmati keindahan pantai yang cantik di Gunung Kidul ini. Beberapa tarif yang harus dibayar pengunjung meliputi:

RetibusiHarga
Tiket MasukRp10.000,00
Parkir MotorRp2.000,00
Parkir MobilRp10.000,00
Parkir ElfRp20.000,00
Parkir BusRp25.000,00

Itulah tarif tiket masuk dan biaya parkir yang dikenakan kepada pengunjung. Namun perlu diperhatikan bahwa tarif ini bisa berubah sewaktu-waktu.

Mengintip Pesona Cantik Pantai Pok Tunggal

Yogyakarta atau Jogjakarta tidak hanya terkenal dengan beragam kuliner yang lezat dan autentik.

Kota Pelajar ini juga merupakan magnet yang menarik wisatawan berkunjung karena pesona wisatanya yang memikat.

Dari banyaknya rekomendasi wisata, pantai adalah salah satu yang selalu diminati. Salah satu wisata pantai yang direkomendasikan untuk dikunjungi adalah Pantai Pok Tunggal.

Mengintip Pesona Cantik Pantai Pok Tunggal

Pantai Pok Tunggal adalah destinasi wisata yang terletak di daerah Gunung Kidul. Pantai ini tidak hanya kaya akan berbagai spot wisata bahari, tetapi juga memiliki panorama alam yang unik dan memukau.

Panorama alam yang alami dan natural dari pantai, tebing, dan perbukitan, udara segar, serta berbagai wahana yang tersedia, siap memanjakan para wisatawan yang datang berkunjung.

Beberapa kelebihan Pantai Pok Tunggal antara lain:

1. Keindahan Alam yang Eksotis

Keindahan alam yang eksotis dari Pantai Pok Tunggal adalah daya tarik utama dari objek wisata ini.

Pemandangan laut dengan pasir putih yang diapit oleh perbukitan dan tebing menyuguhkan tampilan visual yang memanjakan mata.

Pantai dengan panorama eksotis juga menjadi surga bagi para pelancong. Tempat ini mempermudah kamu untuk mendapatkan hasil foto yang cantik dan instagenic.

2. Udara yang Bersih dan Segar

Bosan dengan hiruk pikuk suasana kota yang penuh polusi dan asap kendaraan? Saatnya kamu mencari suasana lain dan berburu udara segar.

Udara yang Bersih dan Segar

Pantai Pok Tunggal adalah destinasi wisata yang letaknya cukup jauh dari pusat kota. Objek wisata ini juga memiliki sejumlah wahana hijau yang memberikan suasana asri dan udara yang segar.

Suasana alam yang asri menjadi cara terbaik untuk relaksasi dan melepas penat. Pengunjung akan merasakannya ketika datang ke tempat ini.

3. Aneka Fasilitas yang Menarik

Pantai Pok Tunggal menyajikan sejumlah fasilitas yang menarik. Jadi jangan takut akan merasa jenuh selama liburan, karena kamu bisa mendapatkan pengalaman dan suasana baru dari fasilitas-wahana yang disediakan di tempat ini.

Spot Wisata di Pantai Pok Tunggal

Spot Wisata di Pantai Pok Tunggal

Tak hanya panorama pantai yang memukau, destinasi wisata yang berada di wilayah Gunung Kidul ini juga menawarkan berbagai spot wisata yang unik dan tak biasa. Apa saja, ya?

1. Pantai dengan Laut Biru

Pantai indah dengan hamparan pasir putih dan air laut berwarna biru tua akan menyambut setiap pengunjung yang datang.

Deburan ombak dan angin pantai yang sepoi-sepoi membuat siapa pun betah berlama-lama di tempat ini.

2. Bukit Tebing

Selain pantai sebagai spot wisata utama, Pantai Pok Tunggal juga memiliki bukit dan tebing yang menjulang gagah.

Tebing ini memiliki ketinggian sekitar 50 meter dan terletak di area tepi pantai. Area tebing ini banyak ditumbuhi aneka pohon dan menjadi habitat bagi berbagai satwa.

Wisatawan bisa bertemu dengan berbagai hewan di tempat ini, salah satunya adalah kera liar. Kera-kera liar ini hidup bebas di bukit tersebut.

Meskipun liar, kera-kera di tempat ini tergolong jinak, sehingga tidak perlu khawatir akan mengganggu dan wisatawan tetap aman mengunjungi area perbukitan ini.

Ketika kamu naik ke puncak tebing, kamu akan menikmati indahnya panorama alam Pantai Pok Tunggal secara keseluruhan.

Area ini juga menjadi tempat ideal untuk berswafoto. Berfoto dengan latar belakang pemandangan pantai dari atas ketinggian menjadi spot favorit para wisatawan.

3. Sungai Air Tawar

Pantai Pok Tunggal juga memiliki spot wisata bernama sungai air tawar. Seperti namanya, air sungai ini tidak asin melainkan menghasilkan air tawar.

Sungai Air Tawar

Hal ini bisa terjadi karena berbagai penyebab, salah satunya akibat proses alami, yaitu karena air di tempat ini sudah disaring oleh tanah sehingga menghasilkan sungai dengan air tawar.

Sungai ini adalah sumber air minum bagi masyarakat setempat. Banyak wisatawan yang tertarik dengan fenomena ini, sehingga lokasi sungai pun selalu ramai didatangi wisatawan.

4. Karang yang Cantik

Di sekitar area pantai juga terdapat sekumpulan karang dengan aneka bentuk dan ukuran. Batu-batu karang yang berada di tepi pantai ini berwarna hijau karena ditumbuhi lumut dan berbagai tumbuhan air lainnya.

Fenomena karang berlumut yang cantik ini terlihat eksotis dan unik. Wisatawan bisa melihat penampakan karang cantik tersebut dengan lebih jelas, terutama ketika air laut sedang surut.

Aktivitas Seru di Pantai Pok Tunggal

Selain menawarkan panorama alam yang memukau, Pantai Pok Tunggal juga menyediakan berbagai keseruan.

Aktivitas Seru di Pantai Pok Tunggal
Aktivitas Seru di Pantai Pok Tunggal (Sumber: Google Maps: Irawan Sulistianto)

Wisatawan dapat melakukan berbagai aktivitas menarik untuk mengisi liburan di tempat ini, di antaranya yaitu:

1. Berenang dan Bermain Pasir

Seperti pantai di wilayah pesisir selatan lainnya, ombak di Pantai Pok Tunggal cukup besar dan deras.

Namun, spot wisata ini tetap aman untuk berenang. Jadi, bagi kamu yang suka berenang atau bermain air pantai, aktivitas tersebut tetap bisa dilakukan.

Meskipun demikian, tetap utamakan keselamatan. Hindari berenang terlalu ke tengah pantai dan usahakan memakai perlengkapan keamanan tambahan seperti pelampung dan lain sebagainya.

2. Diving dan Snorkeling

Pantai Pok Tunggal memiliki air yang berwarna biru dan jernih. Air di pantai ini juga sangat bersih, sehingga sangat cocok bagi kamu yang menyukai kegiatan diving atau snorkeling.

Menyaksikan keindahan bawah laut serta berbagai biota yang hidup di dalamnya menjadi kegiatan seru yang layak dicoba.

Bagi kamu pecinta diving, kamu tidak perlu membawa perlengkapan dari rumah karena di area sekitar pantai juga ada penyewaan perlengkapan menyelam.

3. Rock Climbing

Pantai Pok Tunggal dikelilingi oleh tebing dan bukit karst atau bukit kapur. Tebing dan bukit kapur ini saling berhimpitan, sehingga menjadi spot yang ideal untuk rock climbing.

Rock Climbing

Jadi, bagi pengunjung yang menyukai tantangan dan kegiatan antimainstream yang memacu adrenalin, kamu bisa menjajal kegiatan ini.

Untuk pengunjung yang ingin melakukan rock climbing, di tempat ini juga terdapat persewaan yang menyediakan berbagai peralatan dan perlengkapan untuk panjat tebing. Jadi, kamu tidak perlu repot membawa alat dan perlengkapan sendiri dari rumah.

4. Camping

Berkemah di tepi pantai dan menikmati udara malam menjadi kegiatan seru yang bisa dilakukan bersama sahabat, keluarga, atau pasangan.

Suasana malam di tepi pantai memberikan atmosfer yang berbeda dan pengalaman yang tak terlupakan.

Kamu juga bisa menikmati panorama pantai yang langka, baik saat matahari terbenam maupun saat matahari terbit.

Pengunjung yang ingin berkemah di tepi pantai akan dikenai sejumlah biaya, termasuk biaya sewa tenda dan perlengkapan berkemah lainnya.

5. Kulineran

Berkunjung ke Gunung Kidul tidak lengkap jika tidak mencicipi makanan khas setempat. Di pantai ini, kamu tidak hanya bisa berlibur tetapi juga bisa berwisata kuliner.

Di sekitar area wisata terdapat kedai dan warung makan yang menjual aneka kuliner. Bagi pecinta makanan laut, ada kedai yang menjual olahan seafood.

6. Hunting Foto

Pantai Pok Tunggal adalah destinasi yang tepat untuk kamu pecinta fotografi. Panorama alam yang mempesona dari tempat ini memudahkan kamu untuk menghasilkan foto yang cantik dan instagramable.

Tidak hanya lokasi pantai, tetapi juga perbukitan, tebing, batu karang, hingga kawasan sungai memiliki panorama yang memikat. Banyak spot keren yang bisa diabadikan di sini.

Fasilitas Pantai Pok Tunggal

Fasilitas Pantai Pok Tungga
Fasilitas Pantai Pok Tungga (Sumber: Google Maps: Wisata Jogja)

Meskipun terletak jauh dari pusat kota, fasilitas di Pantai Pok Tunggal sudah cukup lengkap. Beberapa fasilitas yang disediakan antara lain:

1. Area Parkir

Bagi pengunjung yang membawa kendaraan, tidak perlu khawatir karena di area wisata tersedia lahan parkir yang luas.

Tempat parkir ini cukup lega sehingga pengunjung dapat menempatkan kendaraan mereka dengan leluasa.

2. Toilet

Toilet atau kamar mandi juga tersedia banyak di tempat wisata ini. Pengunjung yang ingin berganti baju dan membersihkan diri dapat memanfaatkan fasilitas kamar mandi yang sudah disediakan.

3. Tempat Ibadah

Pantai Pok Tunggal juga menyediakan fasilitas untuk beribadah. Tidak jauh dari lokasi pantai terdapat mushola yang bisa digunakan oleh pengunjung untuk melaksanakan shalat.

4. Gazebo

Di pantai ini, pengunjung juga bisa menemukan sejumlah gazebo atau saung. Gazebo ini dibangun untuk menyediakan tempat berteduh dan beristirahat.

Pengunjung yang ingin menggunakan dan menyewa gazebo akan dikenakan sejumlah biaya oleh pengelola wisata.

5. Payung Pelangi

Selain gazebo, pantai ini juga menyediakan payung pelangi yang ditempatkan di sekitar pantai. Payung ini berfungsi sebagai tempat berteduh bagi wisatawan.

Payung Pelangi
Payung Pelangi (Sumber: Google Maps: Ari Nur Rahman)

Selain berteduh, pengunjung juga bisa bersantai di bawah payung ini sambil menikmati panorama pantai.

6. Persewaan Wahana

Jika ingin menikmati wahana-wahana yang disediakan di tempat wisata, pengunjung tidak perlu membawa perlengkapan dari rumah.

Di sini sudah ada tempat yang menyediakan berbagai perlengkapan yang dibutuhkan. Peralatan berenang, menyelam, berkemah, dan panjat tebing bisa disewa di tempat ini.

7. Tempat Sampah

Pihak pengelola wisata juga menyediakan beberapa tempat sampah di sekitar pantai. Tempat-tempat sampah ini tersebar dengan mudah dijangkau oleh pengunjung, sehingga mereka dapat membuang sampah dengan tepat.

Pengelola wisata memberlakukan aturan yang ketat terkait pembuangan sampah. Wisatawan yang kedapatan membuang sampah sembarangan akan dikenai denda.

8. Tempat Makan

Ketika mengunjungi Pantai Pok Tunggal, kamu tidak perlu repot membawa bekal dari rumah. Di sini, terdapat berbagai kedai dan warung yang menyajikan beragam makanan, mulai dari camilan, makanan berat, hingga seafood.

Pengunjung dapat memesan makanan sesuai selera di tempat ini.

9. Aula

Tempat ini juga dilengkapi dengan aula yang bisa dimanfaatkan untuk mengadakan acara atau pertemuan.

Aula ini sering digunakan untuk gathering, kopdar komunitas, dan acara lainnya.

10. Tempat Berkemah

Di Pantai Pok Tunggal, tersedia juga lokasi yang sering digunakan oleh pengunjung yang ingin berkemah.

Di tempat ini, tersedia tenda-tenda berbagai warna yang disewakan kepada pengunjung yang ingin berkemah di lokasi tersebut.

11. Penginapan

Bagi yang tidak ingin menginap di tenda, terdapat pilihan penginapan di sekitar tempat wisata. Penginapan dan villa yang tersedia cukup bervariasi, dengan harga yang menyesuaikan berbagai kebutuhan pengunjung.

Rekomendasi Penginapan dekat Pantai Pok Tunggal

Pantai Pok Tunggal di Gunungkidul, Yogyakarta, menawarkan pesona alam yang memukau dengan pasir putih dan air laut yang jernih.

Bagi kamu yang ingin menikmati keindahan pantai ini lebih lama, berikut adalah rekomendasi hotel dan penginapan terbaik dekat Pantai Pok Tunggal yang siap menyambut kamu dengan kenyamanan dan fasilitas unggul.

1. Penginapan Sea View Sundak Indraprastha

Penginapan Sea View Sundak Indraprastha
Penginapan Sea View Sundak Indraprastha (Sumber: Google Maps: Dindit Purwoko)

Penginapan Sea View Sundak Indraprastha adalah pilihan ideal bagi kamu yang menginginkan pengalaman menginap dengan pemandangan laut yang menakjubkan.

Terletak tidak jauh dari Pantai Pok Tunggal, penginapan ini menawarkan kamar-kamar yang nyaman dan bersih dengan fasilitas modern seperti AC, TV, dan Wi-Fi gratis.

Kamu dapat menikmati sarapan dengan pemandangan matahari terbit langsung dari balkon kamar kamu.

Selain itu, penginapan ini juga menyediakan area parkir yang luas dan akses mudah ke pantai, membuat liburan kamu semakin praktis dan menyenangkan.

Pesan Kamar Sekarang Penginapan Sea View Sundak Indraprastha DISKON Hingga 63%

2. Collection O 92254 Hotel By Orchid

Collection O 92254 Hotel By Orchid
Collection O 92254 Hotel By Orchid (Sumber: Agoda: Collection O 92254 Hotel By Orchid)

Collection O 92254 Hotel By Orchid merupakan pilihan yang tepat bagi kamu yang mencari penginapan dengan nuansa alam yang tenang dan nyaman.

Berlokasi strategis dekat Pantai Pok Tunggal, hotel ini menawarkan berbagai fasilitas lengkap seperti kolam renang, restoran, dan layanan kamar 24 jam.

Kamar-kamarnya didesain dengan gaya modern dan dilengkapi dengan AC, TV layar datar, dan kamar mandi pribadi dengan perlengkapan mandi gratis.

Collection O 92254 Hotel By Orchid juga menyediakan paket tur ke beberapa pantai terdekat, sehingga kamu bisa menjelajahi keindahan pantai-pantai di sekitar dengan mudah.

Berikut perkiraan harga yang perlu kamu ketahui:

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp194.284,00 Per Malam

Pesan Kamar Sekarang Collection O 92254 Hotel By Orchid DISKON Hingga 68%

3. Penginapan Putra Darma

Penginapan Putra Darma
Penginapan Putra Darma (Sumber: Agoda: Penginapan Putra Darma)

Penginapan Putra Darma menawarkan kenyamanan dan kehangatan pelayanan khas Jawa yang ramah.

Terletak dekat Pantai Pok Tunggal, penginapan ini memiliki kamar-kamar yang luas dan bersih dengan fasilitas lengkap seperti AC, TV, dan kamar mandi pribadi.

Kamu bisa menikmati suasana santai di taman yang asri atau menjelajahi keindahan pantai dengan berjalan kaki.

Penginapan ini juga menyediakan layanan penyewaan sepeda bagi kamu yang ingin berkeliling area sekitar dengan cara yang lebih menyenangkan.

Berikut perkiraan harga yang perlu kamu ketahui:

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp194.284,00 Per Malam

Pesan Kamar Sekarang Penginapan Putra Darma DISKON Hingga 82%