Pantai Lovina, Tempat Terbaik Menikmati Pesona Lumba-lumba

Bila berbicara tentang Bali, tentu saja yang berada di pikiran kita adalah berliburan. Salah satu pantai wisata wajib di kunjungi ialah Pantai Lovina, pantai ini memiliki daya tarik yakni adanya lumba-lumba yang berenang di tengah laut.

Bali memang beragam tempat wisata yang dapat dinikmati. Yang paling banyak dituju ialah wisata pantai karena Bali mempunyai banyak sekali pantai.

Pulau Bali Sebagai Surga Wisata

Sebagai satu pulau yang dikelilingi oleh wilayah perairan, Pulau Bali memiliki banyak sekali tempat yang ditujukan untuk wisata pantai.

Mungkin, kebanyakan dari kita sudah cukup mengenal sejumlah pantai yang ada di Bali bagian Selatan.

Sebut saja seperti Pantai Kuta yang seakan menjadi ikon dari keindahan pantai yang ada di pulau ini.

Selain itu, juga ada sejumlah pantai lainnya seperti Pantai Nusa Dua, Pantai Tanjung Benoa, Pantai Pandawa, Pantai Dreamland, Pantai Suluban dan tentunya masih ada banyak nama pantai lainnya yang daerah selatan Pulau Bali ini.

Pulau Bali Sebagai Surga Wisata

Selain wisata pantai, Pulau Bali juga dikenal wisata lainnya. Semua seakan mengkonfirmasi keberadaan julukan yang melekat pada pulau ini sebagai surga wisata dunia. Kebanyakan penduduk dunia memilih mengunjungi wilayah ini untuk berwisata.

Bali menjadi satu tujuan wisata yang lengkap dan terpadu karena memiliki banyak sekali tempat wisata yang menarik. Sebut saja dari berbagai pantainya, ada pula wisata religi ke beberapa nama pura seperti Pura Tanah Lot, Pura Besakih, Ubud dan masih ada nama lainnya.

Selain pantai, wisata bahari yang bisa dikunjungi berupa danau, seperti Danau Beratan. Di Bali, terdapat beberapa pusat wisata pembelajaran yang melengkapi keberadaan wisata di pulau ini.

Seperti kebun binatang, museum tiga dimensi, tempat penangkaran hewan yakni kura-kura serta taman bermain air atau waterpark yang selalu menarik bagi anak-anak.

Tidak cuma tempat wisata saja yang menarik di Bali ini, aneka ragam budayanya bisa menjadi daya tarik wisata. Rumah adat Bali dengan arsitektur tradisional khas Bali jadi suatu hal yang menarik.

Bali mempunyai music dan tari tradisional yang selalu melengkapi berbagai acara pertunjukan serta keagamaan.

Bahkan, Tari Bali sendiri sudah sangat dikenal secara luas oleh masyarakat dunia karena kekhasannya.

Inilah aneka keelokan dan kekhasan yang dimiliki oleh Bali yang mampu menjadi daya tarik wisata di pulau ini.

Pantai Lovina di Utara Bali

Ternyata, tidak hanya di bagian Selatan Bali yang dipenuhi tempat wisata menarik, di bagian Utara Bali memiliki keindahan alam lainnya. Salah satu pantai yang populer di wilayah ini ialah Pantai Lovina.

Pantai ini terletak sekitar sembilan km di sebelah barat Kota Singaraja. Pada awalnya, pantai ini hanya berada pada daerah di desa Temukus saja, namun kemudian pengelolaan meluas sampai ke desa Pemaron di wilayah Buleleng.

Wilayah pantai ini memanjang di antara dua wilayah yang bersebelahan yaitu Kecamatan Buleleng dan Kecamatan Banjar.

Kawasan ini dikenal nama Kawasan Wisata Pantai Lovina yang memang terdiri dari sejumlah nama pantai.

Pantai Lovina di Utara Bali

Sebut saja nama Pantai Binaria di desa Kalibukbuk, ada pantai Banyualit di desa dengan nama yang sama yakni Banyualit, ada pula Pantai Kubu Gembong di daerah Anturan atau Tukadmungga serta Pantai Hepi di desa Tukadmungga pula.

Selain itu, yang masuk di wilayah ini ialah Pantai Penimbangan yang ada di desa Pemaron.

Sedangkan beberapa pantai yang berada di wilayah Kecamatan Banjar ialah pantai Tukad Cebol di daerah bernama Kampung Baru dan pantai Temukus di desa temukus. Semuanya bergabung pada satu wilayah ini.

Lokasi pantai ini terletak di desa Kalibukbuk di Kecamatan Buleleng. Untuk mencapai lokasi pantai, jika pengunjung berada di Kota Singaraja, maka akan dibutuhkan waktu sekitar 20 menit perjalanan.

Akan ada jarak yang lebih panjang yakni sekitar tiga jam yaitu 89 km jika ditempuh dari Kuta. Sedangkan, jarak tempuh dari Denpasar sekitar 2 setengah jam karena Lovina ini berjarak 81 km dari Kuta.

Sesaat setelah sampai di area pantai ini, pengunjung akan disajikan satu patung lumba-lumba yang memang menjadi ciri khas pantai Lovina ini.

Pantai ini dikenali keberadaan lumba-lumbanya. Sehingga, patung ini seperti menegaskan keberadaan Lovina yang erat dengan satu hewan laut ini.

Patung ini dibuat dalam bentuk seperti tugu dengan adanya bentuk lumba-lumba di atas tugunya.

Di sekelilingnya dibuat semacam taman kecil dengan tempat duduk untuk memberikan ruang bagi pengunjung untuk istirahat. Di tugu ini juga disertai papan nama yang bertuliskan Pantai Lovina sebagai nama dari pantai ini.

Pantai ini dikenal panggilan nama Lovina yang berasal dari dua kata yakni love dan Ina yang bertemakan cinta Indonesia.

Hanya saja, arti ini tidak sesuai dengan arti kata yang dimaksudkan di awal penciptaan kata Lovina untuk nama pantai ini.

Tidak seperti kebanyakan pantai lainnya di sejumlah daerah di nusantara yang mengharuskan pengunjung untuk membayar tiket masuk, di pantai ini setiap pengunjung dapat memasuki area pantai secara gratis alias tidak perlu membayar.

Biaya yang akan dikeluarkan oleh pengunjung adalah biaya sewa perahu atau kapal yang akan mengantarkan mereka ke tengah laut.

Pengusung nama pertama untuk pantai ini dengan kata Lovina adalah Panji Tisna di tahun 1953. Memang, Lovina dimaksudkan berasal dari dua kata yaitu Love dan Ina.

Namun, untuk makna Ina sendiri tidak bermakna Indonesia melainkan bermakna ibu yang merupakan bahasa Bali. Sehingga, yang dimaksudkan dari kata Lovina ini ialah cinta ibu atau cinta ibu pertiwi atau leluhur.

Arti atau makna apa pun yang dimengerti oleh masyarakat tetap tidak mengaburkan makna dari pantai ini yang berarti sebagai cinta kepada ibu atau ibu pertiwi yang tidak lain adalah Indonesia itu sendiri. Pantai ini pun dikenal luas dengan nama Lovina.

Lokasi dan Rute Menuju Pantai Lovina Bali

Jika kamu berangkat dari Denpasar, jarak tempuh menuju Pantai Lovina adalah sekitar 81,3 kilometer.

Perjalanan ini biasanya dapat ditempuh dalam waktu sekitar 2 jam 16 menit, tergantung kondisi lalu lintas.

Lokasi dan Rute Menuju Pantai Lovina Bali

Rute yang paling umum ditempuh adalah melalui Bedugul menuju Singaraja, kemudian melanjutkan perjalanan ke Lovina.

Namun, ada juga rute alternatif yang bisa kamu pilih, yaitu melalui Bedugul – Seirit – Pantai Lovina.

Kedua rute ini menawarkan pemandangan yang indah sepanjang perjalanan, sehingga perjalanan kamu menuju Pantai Lovina akan terasa menyenangkan dan penuh dengan pengalaman baru.

Alamat: Kec. Buleleng, Kabupaten Buleleng, Bali.

Jam Operasional dan Harga Tiket Masuk Pantai Lovina

Lovina Beach adalah destinasi pantai umum yang tidak memungut biaya masuk, sehingga wisatawan dapat mengaksesnya secara gratis.

Meskipun begitu, ada biaya tambahan untuk parkir kendaraan dan berbagai aktivitas yang bisa dinikmati di pantai ini.

Salah satu kegiatan favorit di Lovina Beach adalah tur menonton lumba-lumba, di mana wisatawan bisa melihat lumba-lumba bermain di habitat alami mereka.

Jam Operasional dan Harga Tiket Masuk Pantai Lovina

Selain itu, snorkeling dan scuba diving juga menjadi pilihan populer untuk menikmati keindahan bawah laut. Biaya untuk menikmati aktivitas-aktivitas tersebut biasanya sekitar Rp100.000,00 per orang.

Lovina Beach buka selama 24 jam sehari tanpa ada jam buka atau jam tutup. Namun, untuk wisatawan yang ingin menikmati pengalaman melihat lumba-lumba di tengah laut, sangat disarankan untuk tiba di lokasi pada pukul 05.00 WITA.

Hari
Jam Operasional
Harga Tiket Masuk
Parkir
MotorMobil
Senin24 JamGratisRp5.000,00Rp10.000,00
Selasa24 JamGratisRp5.000,00Rp10.000,00
Rabu24 JamGratisRp5.000,00Rp10.000,00
Kamis24 JamGratisRp5.000,00Rp10.000,00
Jumat24 JamGratisRp5.000,00Rp10.000,00
Sabtu24 JamGratisRp5.000,00Rp10.000,00
Minggu24 JamGratisRp5.000,00Rp10.000,00

Pada waktu tersebut, peluang untuk melihat lumba-lumba berenang di perairan Lovina sangat tinggi.

Keelokan Pantai Lovina

Pantai Lovina menawarkan nuansa pemandangan alam yang masih asri dan sunyi, berbeda dengan kebanyakan pantai di bagian selatan Bali. Inilah daya tarik utama pantai ini.

Pantai ini terkenal di antara wisatawan karena memberikan kenyamanan tersendiri. Dengan pasir hitamnya, wisatawan dapat menggunakannya sebagai latar belakang fotografi yang menarik dan unik dibandingkan pantai lainnya.

Keelokan Pantai Lovina

Keindahan lain yang dapat dinikmati di pantai ini adalah pemandangan matahari terbit dan tenggelam.

Karena pantai ini menghadap ke utara, pengunjung harus menaiki perahu ke tengah laut untuk menikmati pemandangan matahari terbit dan tenggelam secara penuh.

Di tengah laut, pengunjung dapat menikmati pemandangan tersebut dengan sensasi yang berbeda dibandingkan berada di tepi pantai.

Selain pemandangan pantainya, pengunjung juga dapat menikmati keberadaan lumba-lumba yang berenang di tengah laut. Inilah daya tarik utama Pantai Lovina.

Tergantung musim, pengunjung dapat melihat puluhan hingga ratusan lumba-lumba di tengah laut.

Biasanya, pengunjung menyewa perahu untuk menuju ke tengah laut dan menikmati pemandangan ini pada pagi hari.

Perahu-perahu tradisional sering mengejar lumba-lumba, menciptakan pengalaman yang unik bagi pengunjung.

Keadaan perairan Pantai Lovina yang tenang memungkinkan perahu-perahu tradisional berlayar dengan nyaman.

Pengunjung dapat melihat lumba-lumba yang melompat ke permukaan atau berenang dengan bebas. Pemandangan ini tentunya merupakan pengalaman yang menyenangkan.

Selain lumba-lumba, pengunjung juga dapat berenang atau menyelam di perairan Pantai Lovina yang tenang. Pihak pengelola perahu biasanya sudah menyiapkan perlengkapan untuk kegiatan ini.

Pengunjung dapat berenang mengikuti lumba-lumba yang bergerak dengan lincah. Jika menyelam, pengunjung akan disuguhi pemandangan bawah laut yang indah dengan beragam biota laut.

Keindahan biota laut di Pantai Lovina menjadikannya salah satu tempat konservasi terumbu karang. Tempat ini juga menjadi tujuan ilmuwan untuk melakukan konservasi biota laut.

Durasi penyewaan perahu tradisional untuk berenang atau menyelam atau hanya melihat lumba-lumba adalah sekitar dua jam.

Biasanya, nelayan di sekitar kawasan pantai menjadi pemandu yang mengantar pengunjung ke tengah laut.

Biaya untuk menyewa perahu cukup terjangkau, yaitu Rp150.000 per orang. Harga ini termasuk sewa perahu ke tengah laut dan pengemudi perahu.

Diberikan pula jaket pelampung sebagai alat pelindung diri. Kapasitas perahu mampu menampung lima orang.

Jika pengunjung ingin melakukan aktivitas tambahan seperti berenang atau menyelam, hal ini bisa dikomunikasikan terlebih dahulu dengan pihak penyewa perahu.

Aktivitas ini menjadi prioritas mereka untuk memberikan kenyamanan bagi setiap pengunjung pantai.

Tur menikmati pemandangan lumba-lumba di tengah laut Lovina ini sangat terkenal dan dipilih oleh banyak pengunjung pantai. Oleh karena itu, banyak perahu yang berlayar ke tengah laut dengan tujuan yang sama.

Terkadang, lumba-lumba enggan menampakkan diri jika banyak perahu di sekitar. Untuk itu, lebih baik menunggu perahu-perahu lainnya kembali ke pantai agar lebih leluasa dalam melihat pemandangan lumba-lumba.

Fasilitas di Pantai Lovina

Fasilitas yang tersedia di Pantai Lovina sebenarnya mirip dengan yang ada di pantai-pantai lainnya. Misalnya, rumah makan yang mendukung wisata kuliner untuk setiap pengunjung pantai.

Fasilitas di Pantai Lovina

Berbagai menu masakan ditawarkan untuk memanjakan lidah pengunjung setelah lelah menikmati pantai, menyusuri tepi pantai, dan melakukan perjalanan ke tengah laut.

Rumah makan yang tersedia juga cukup banyak dan sangat beragam, dengan area yang cukup luas untuk menampung banyak pengunjung yang datang ke pantai ini.

Sepanjang pantai, terdapat banyak pondok atau toko yang bisa digunakan untuk beristirahat oleh setiap pengunjung atau sebagai area penjualan barang-barang kerajinan Bali.

Terdapat pula pohon-pohon yang menjulang tinggi dengan kerindangannya yang mampu menambah suasana sejuk dan asri di pantai ini.

Selain itu, ada fasilitas hotel untuk beristirahat. Harga hotel di sekitar kawasan Pantai Lovina ini sangat terjangkau.

Beberapa nama hotel bisa menjadi rekomendasi bagi pengunjung, dengan harga berkisar seratus ribu sampai dua ratus ribu rupiah per malam.

Tidak hanya itu, sepanjang jalan menuju Pantai Lovina, pengunjung juga dapat menikmati objek wisata lain yang tak kalah menarik.

Misalnya, Puri Kaliasem yang merupakan tempat peribadatan warga Bali, khususnya warga di sekitar pantai yang berada di Kecamatan Buleleng.

Di daerah Kalibukbuk yang masih searea dengan pantai ini juga terdapat wisata sejarah berupa Candi Stupa Kalibukbuk dan Arca Sri Maha Ganesha sebagai salah satu dewa terkenal di agama ini.

Di Lovina ini juga dihiasi dengan patung Krisna dan Krisna Lila di daerah Kemukus. Patung Tur Lumba-lumba turut menghiasi Lovina sebagai daerah yang dikenal dengan lumba-lumbanya, yang juga berada di daerah Kemukus.

Selain wisata sejarah dan religi serta area pantai yang dijadikan wisata alam, di sekitar Pantai Lovina juga terdapat wisata air terjun yang tak kalah menarik.

Air terjun ini bernama Sing Sing yang juga berada di daerah Kemukus. Di lokasi ini, pengunjung dapat menikmati keindahan alam sambil bermain air atau mandi di bawah guyuran air terjun.

Hotel dekat Pantai Lovina Bali yang Cozy

Jika kamu sedang mencari hotel dekat Pantai Lovina, pesonakota.com akan merekomendasikan hotel yang berada di dekat Pantai Lovina, Bali:

1. Lovina Beach Hotel

Lovina Beach Hotel
Lovina Beach Hotel (Sumber: Agoda: Lovina Beach Hotel)

Lovina Beach Hotel menawarkan pengalaman menginap yang nyaman dan menyenangkan di dekat Pantai Lovina, Bali. Hotel ini terkenal dengan pemandangan laut yang menakjubkan dan fasilitas yang memadai.

Para tamu dapat menikmati akses langsung ke pantai, kolam renang, dan restoran dengan hidangan lokal dan internasional.

Dengan pelayanan yang ramah dan lingkungan yang asri, Lovina Beach Hotel menjadi pilihan ideal bagi wisatawan yang mencari ketenangan dan relaksasi di Bali.

Berikut perkiraan harga yang perlu kamu ketahui:

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp261.215,00 Per Malam

Pesan Kamar Sekarang Lovina Beach Hotel DISKON Hingga 60%

2. Banyualit Spa ‘n Resort Lovina

Banyualit Spa 'n Resort Lovina
Banyualit Spa ‘n Resort Lovina (Sumber: Agoda: Banyualit Spa ‘n Resort Lovina)

Banyualit Spa ‘n Resort Lovina menawarkan pengalaman liburan yang mewah di dekat Pantai Lovina, Bali.

Resort ini dilengkapi dengan spa yang menawarkan berbagai perawatan relaksasi dan kesehatan, kolam renang, serta restoran yang menyajikan hidangan lezat.

Kamar-kamar yang nyaman dengan pemandangan taman atau laut menambah kenyamanan menginap.

Dengan pelayanan yang prima dan suasana yang tenang, Banyualit Spa ‘n Resort Lovina cocok untuk wisatawan yang ingin menikmati keindahan alam Bali sambil meremajakan diri.

Berikut perkiraan harga yang perlu kamu ketahui:

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp546.250,00 Per Malam

Pesan Kamar Sekarang Banyualit Spa ‘n Resort Lovina DISKON Hingga 70%

3. Lovina Beachhouse Villas (LBHV)

Lovina Beachhouse Villas (LBHV)
Lovina Beachhouse Villas (LBHV)(Sumber: Google Maps: Greg Pickers)

Lovina Beachhouse Villas (LBHV) adalah pilihan akomodasi mewah yang terletak di dekat Pantai Lovina, Bali. Vila-vila ini menawarkan privasi dan kenyamanan dengan fasilitas lengkap seperti kolam renang pribadi, dapur, dan area bersantai.

Pemandangan pantai yang indah dapat dinikmati langsung dari vila. Dengan desain yang elegan dan layanan yang memuaskan, LBHV menjadi pilihan tepat bagi wisatawan yang mencari liburan eksklusif dan mewah di Bali.

Berikut perkiraan harga yang perlu kamu ketahui:

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp338.315,00 Per Malam

Pesan Kamar Sekarang Lovina Beachhouse Villas (LBHV) DISKON Hingga 69%