Pantai Sayang Heulang, Wisata Alam dengan Fasilitas yang Lengkap di Garut

Kota Garut mempunyai beberapa tempat wisata alam salah satunya Pantai Sayang Heulang. Pantai yang satu ini telah dikembangkan penataan kawasan sehingga layak menjadi objek wisata yang wajib dikunjungi.

Ada berbagai fasilitas dan spot yang menarik untuk pelancong yang datang ke pantai ini.

Apalagi di sini ada hutan mangrove yang juga menambahkan daya tarik. Pelancong lokal atau luar daerah bisa mencoba datang ke pantai ini untuk menikmati panorama cantik dan kenyamanan fasilitas yang lengkap.

Profil Pantai Sayang Heulang

Kabupaten Garut yang berada di Jawa Barat mempunyai bentang alam yang menarik yakni terdiri dari gunung-gunung dan pesisir pantai.

Profil Pantai Sayang Heulang
Profil Pantai Sayang Heulang (Sumber: Google Maps: Santy Septian)

Jadi tak heran jika Garut kemudian memiliki potensi wisata alam yang patut untuk dikembangkan.

Untuk pantai sendiri, Garut memiliki beberapa pantai seperti Pantai Santolo, Pantai Cijeruk Cantik, Pantai Karang Paranje, Pantai Cijayana, dan Sayang Heulang.

Pantai Sayang Heulang merupakan salah satu pantai yang cukup terkenal sebagai tempat wisata favorit di Garut.

Pemerintah Jawa Barat sendiri telah mengeluarkan dana untuk melakukan penataan kawasan pantai. Jadi tak heran jika fasilitas yang ada di pantai ini cukup lengkap dan membuat wisatawan jadi lebih nyaman.

Adanya penataan wisata membuatnya menjadi spot foto yang instagramable. Pelancong akan merasa nyaman dengan adanya gazebo untuk santai di pinggir pantai.

Tidak hanya santai dan berpose, pelancong bisa melakukan aktivitas olahraga seperti bermain voli.

Terdapat arena bermain voli yang bisa dimanfaatkan untuk menghabiskan waktu di pantai ini. Wahana air seperti banana boat juga bisa menjadi pilihan jika ingin membasahi tubuh dengan air laut.

Sebagai salah satu tempat wisata favorit di Garut, pantai yang satu ini cocok untuk wisatawan lokal atau luar daerah.

Masyarakat Jawa Barat yang ingin berwisata di pantai bisa mencoba tiba ke pantai dengan fasilitas lengkap yang satu ini.

Akses dan Lokasi Pantai Sayang Heulang

Lokasi pantai yang satu ini tepatnya berada di Desa Mancagahar, Kecamatan Pameungpeuk, Kabupaten Garut. Panjang pantai sekitar 3,5 km, lebar 50 meter, dengan luas sekitar 10 hektar.

Akses dan Lokasi Pantai Sayang Heulang
Akses dan Lokasi Pantai Sayang Heulang (Sumber: Google Maps: HASAN JOK)

Lokasinya sendiri sekitaran 87 km dari pusat kota Garut. Ini memang tidak terlalu dekat namun bisa diakses mudah. Apalagi terdapat kendaraan umum yang dapat membantu agar bisa mendekati lokasi.

Alamat: Mancagahar, Kec. Pameungpeuk, Kabupaten Garut, Jawa Barat 44175

Jam Operasional dan Harga Tiket Masuk Pantai Sayang Heulang

Pantai Sayang Heulang, salah satu destinasi wisata yang terletak di Kabupaten Garut, Jawa Barat, semakin populer di kalangan wisatawan lokal maupun mancanegara.

Jam Operasional dan Harga Tiket Masuk Pantai Sayang Heulang
Jam Operasional dan Harga Tiket Masuk Pantai Sayang Heulang (Sumber: Google Maps: SNSC)

Dengan pemandangan yang memukau, pasir putih yang lembut, dan ombak yang menenangkan, pantai ini menjadi tempat yang sempurna untuk melepas penat dari rutinitas sehari-hari.

Bagi kamu yang berencana mengunjungi Pantai Sayang Heulang, berikut adalah informasi mengenai jam operasional dan harga tiket masuk.

Hari
Jam Operasional
Harga Tiket Masuk
Parkir
MotorMobil
Senin24 JamRp 10.000Rp5.000Rp10.000
Selasa24 JamRp 10.000Rp5.000Rp10.000
Rabu24 JamRp 10.000Rp5.000Rp10.000
Kamis24 JamRp 10.000Rp5.000Rp10.000
Jumat24 JamRp 10.000Rp5.000Rp10.000
Sabtu24 JamRp 10.000Rp5.000Rp10.000
Minggu24 JamRp 10.000Rp5.000Rp10.000

Kelebihan Pantai Sayang Heulang

Sayang Heulang yang telah direvitalisasi tentunya memiliki berbagai kelebihan sehingga layak dikunjungi.

Kelebihan Pantai Sayang Heulang
Kelebihan Pantai Sayang Heulang (Sumber: Google Maps: Eka Suci)

Masyarakat di Jawa Barat khususnya bisa dengan mudah mencoba untuk berkunjung dan menikmati berbagai fasilitas dan aktivitas yang tersedia di sana. Berikut ini beberapa kelebihan dari Pantai Sayang Heulang.

1. Tiket Masuk Murah

Ada beberapa pantai di Indonesia yang tidak memungut biaya tiket masuk. Di Sayang Heulang sendiri, tiket masuk memang dikenakan namun harganya cukup terjangkau, yaitu hanya 10 ribu rupiah per orang.

Tiket masuk ini cukup murah bila dibandingkan dengan fasilitas yang ada di area pantai tersebut.

Selain tiket masuk, pengunjung yang membawa kendaraan bermotor juga perlu membayar tiket parkir. Biaya parkir di sini adalah 5 ribu rupiah untuk mobil dan 2 ribu rupiah untuk motor.

2. Dapat Dijangkau dengan Kendaraan Umum Maupun Pribadi

Pantai Sayang Heulang yang berada di Garut dapat dijangkau dengan kendaraan bermotor. Selain kendaraan pribadi, kamu juga bisa menggunakan kendaraan umum. Jadi, bagi yang tidak memiliki kendaraan bermotor, bisa mencoba naik kendaraan umum.

Jika ingin naik kendaraan umum, kamu dapat menggunakan angkot mobil elf jurusan Garut-Pameungpeuk. Di Pasar Pameungpeuk, lanjutkan dengan menaiki pick-up langsung ke pantainya.

Rute lainnya adalah melalui kota Garut kemudian ke Cikelet dan diteruskan ke Pameungpeuk. Ini juga bisa ditempuh dengan kendaraan umum seperti bus dan minibus. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil dan motor.

Rute alternatif lainnya adalah melalui Ciwidey ke Cisewu lalu ke Bungbulang, kemudian terus ke Pameungpeuk dan ke Pantai Sayang Heulang.

Rute ini tidak tersedia kendaraan umum, jadi perlu menggunakan kendaraan pribadi. Keunggulan rute ini adalah pemandangan sekitar yang lebih indah.

3. Fasilitas yang Komplet

Destinasi wisata Pantai Sayang Heulang dilengkapi dengan fasilitas yang cukup memadai, terutama setelah mendapat penataan kawasan dari pemerintah.

Fasilitas yang tersedia meliputi warung makan, toilet, kamar mandi, mushola, area parkir, penginapan, area camping, spot foto, dan wahana permainan.

Fasilitas yang Komplet
Fasilitas yang Komplet (Sumber: Google Maps: Ri Ve)

Di sini juga terdapat gazebo yang nyaman bagi para wisatawan untuk bersantai dan menikmati keindahan pantai, serta berteduh dari teriknya cuaca pantai.

Terdapat juga jalur pejalan kaki yang memudahkan para wisatawan untuk menjelajahi area pantai.

Jalur ini didukung oleh jembatan dan menara yang memungkinkan wisatawan melihat keindahan pantai dari ketinggian

Spot foto yang tersedia sangat mendukung, menjadikan kawasan ini instagramable. Jadi, berfoto di pantai ini tidak hanya terbatas pada pemandangan pantai saja. Terdapat beberapa lambang ikonik dan nama pantai yang bisa menjadi spot foto menarik.

4. Terdapat Gumuk Pasir

Tidak cuma berwisata di bibir pantai saja, pelancong yang datang ke sini juga bisa menikmati gumuk pasir. Gumuk itu bernama Gumuk Pasir Tungtung Karang Sayang Heulang.

Di tempat gumuk tersebut, para pengunjung dapat berfoto dengan pemandangan pasir yang membentang cantik. Apalagi bila ditambah panorama matahari terbit di pantai.

5. Aktivitas Voli Pantai

Pelancong yang suka dengan olahraga bisa melakukan aktivitas bermain voli di pantai ini. Terdapat arena bermain voli di tepi pantai yang bisa dimanfaatkan oleh para wisatawan. Ini cocok bagi yang datang bersama-sama dengan teman atau keluarga.

6. Aktivitas Snorkeling

Pengunjung pantai ini juga bisa menikmati keelokan biota bawah laut dengan snorkeling. Sayang di sini belum ada penyewaan alat snorkeling jadi perlu membawa sendiri dari rumah.

Saat air surut, pelancong bisa melihat kerang, hewan laut, dan tumbuhan laut disekitaran pantai.

7. Bermain Pasir Pantai

Pengunjung dapat bermain pasir di tepi Pantai Sayang Heulang ini. Aktivitas ini biasanya disukai oleh anak-anak. Dan aktivitas berenang sebenarnya kurang cocok dilaksanakan di sini.

Pantai ini berbatasan langsung dengan Samudera Hindia jadi ombaknya bisa cukup besar. Berenang di tepi pantai harus dilakukan hati-hati.

8. Ada Banyak Penginapan dengan Harga Terjangkau

Bagi yang ingin menginap di sekitar pantai, tak perlu cemas karena ada banyak pilihan penginapan dengan harga yang terjangkau.

Penginapan di sekitar pantai mulai dari sekitar 100 ribu rupiah per malamnya. Ini cocok untuk pelancong yang berasal dari luar kota dan ingin berwisata di Garut dan sekitarnya.

9. Dekat dengan Bukit Teletubbies

Sayang Heulang dekat dengan lokasi bukit Teletubbies. Wisatawan bisa berjalan kaki ke bukit tersebut untuk menikmati panorama di sana. Dari bukit ini pelancong bisa melihat keseluruhan garis pantai.

10. Ada Area untuk Camping

Selain menginap di penginapan sekitar, pelancong juga bisa camping di tempat yang disediakan. Ini cocok untuk wisatawan yang ingin merasakan kemah di tepi pantai. Alat kemah bisa menyewa atau bawa sendiri. Sumber listrik di sini berbentuk generator.

Itulah beberapa kelebihan yang dimiliki oleh wisata Pantai Sayang Heulang. Pelancong dapat menikmati berbagai fasilitas yang memang telah disediakan.

Tak cuman nikmati pemandangan pantai saja, ada berbagai aktivitas yang juga bisa dilakukan di pantai ini.

Objek Wisata di Sekitar Pantai Sayang Heulang

Ketika mengunjungi sebuah kota, tentu akan lebih menyenangkan jika singgah ke beberapa tempat wisata. Demikian juga saat berkunjung ke Garut atau wisata Sayang Heulang.

Objek Wisata di Sekitar Pantai Sayang Heulang
Objek Wisata di Sekitar Pantai Sayang Heulang (Sumber: Google Maps: Renata Azhari)

Para wisatawan juga dapat menjelajahi objek wisata lain yang terletak di sekitarnya. Berikut ini beberapa tempat wisata di sekitar Pantai Sayang Heulang.

1. Puncak Guha

Wisata alam tidak hanya terbatas pada pantai, terdapat juga Puncak Guha yang menawarkan panorama memukau.

Destinasi wisata ini berupa tebing karang yang menjorok ke laut, sehingga pengunjung dapat menikmati keindahan laut dari ketinggian.

Kondisi alam di sekitar Puncak Guha masih hijau dan tampak alami. Tiket masuknya cukup terjangkau, hanya 7500 rupiah per orang.

Puncak Guha banyak didatangi oleh kaum muda yang mencari pemandangan alam yang menakjubkan.

2. Pantai Santolo

Selain Pantai Sayang Heulang, Garut juga memiliki tujuan wisata lain yaitu Pantai Santolo. Pantai yang satu ini juga terkenal dan sering dikunjungi oleh wisatawan.

Pemandangan di pantai ini dihiasi oleh pepohonan hijau yang tumbuh di kaki Gunung Papandayan.

Wisatawan tidak hanya bisa menikmati pemandangan, tetapi juga dapat mengelilingi pantai dengan perahu sewaan.

Selain menjadi tempat wisata, pantai ini juga memiliki dermaga untuk kapal ikan, sehingga banyak perahu nelayan yang berkumpul di pinggir pantai.

3. Candi Cangkuang

Bagi yang gemar berwisata dengan tema sejarah, Candi Cangkuang merupakan destinasi yang tepat.

Candi ini memiliki keunikan karena terletak di daratan yang berada di tengah danau, sehingga pengunjung harus menggunakan rakit untuk mencapainya.

Candi Cangkuang

Candi Cangkuang yang dapat dinikmati wisatawan saat ini adalah hasil pemugaran. Di tempat ini, terdapat arca dengan posisi bersila yang diduga oleh para ahli sebagai arca Siwa.

Di samping candi, terdapat makam seorang tokoh agama Islam yaitu Embah Dalem Arief Muhammad.

4. Kebun Mawar Situhapa

Dibuka sejak tahun 2012, Kebun Mawar Situhapa adalah destinasi wisata berupa kebun atau taman bunga yang berlokasi di Garut, pada ketinggian 1.100 meter di atas permukaan laut.

Kebun ini dikelilingi oleh pegunungan, sehingga menawarkan pemandangan yang menakjubkan. Sesuai namanya, kebun bunga ini dipenuhi dengan berbagai jenis bunga mawar. Selain itu, terdapat juga koleksi Begonia, Kaktus, Agave, dan bunga-bunga eksotik lainnya.

Kebun wisata ini memiliki sekitar 500 jenis tanaman dan pohon. Harga tiket masuk untuk hari biasa adalah Rp17.500, sedangkan untuk hari Minggu dan libur nasional adalah Rp22.500.

5. Kamojang Ecopark

Untuk yang liburan ke Pantai Sayang Heulang bersama keluarga maka bisa juga mengunjungi Kamojang Ecopark.

Berlokasi di Garut, tempat wisata yang satu ini menawarkan wisata alam dan wahana permainan yang seru untuk liburan keluarga.

Beberapa wahana permainannya antara lain flying fox, ATV, extreme swing, sepeda udara, dan lain-lain.

Di sini juga sudah dilengkapi fasilitas tempat kuliner yang berada di tengah hutan. Ini bisa memberi pengalaman yang unik karena bisa bersantap di tengah alam yang sejuk.

6. Curug Sang Hyang Taraje

Wisata alam di Garut yang patut dikunjungi yakni air terjun Curug Sang Hyang Taraje. Menurut legenda warga sekitar, curug ini menjadi tangga yang digunakan dewa untuk menuju kahyangan.

Di dekat air terjun disebut terdapat batu dengan tapak raksasa yang konon merupakan tapak dari Sangkuriang. Tiket masuk ke tempat wisata ini murah yakni hanya 6 ribu rupiah saja.

Ada banyak tempat wisata menarik yang ada di Garut. Jadi selain ke Pantai Sayang Heulang, wisatawan juga bisa berkunjung ke beberapa tempat wisata lainnya. Ini bisa menjadi tujuan wisata yang murah namun tetap menarik dan menggembirakan.

Tips Berwisata di Pantai Sayang Heulang

Berwisata di pantai memang menyenangkan namun perlu untuk melakukan persiapan supaya dapat berjalan mulus.

Tips Berwisata di Pantai Sayang Heulang

Wisatawan dari berbagai daerah di Indonesia bisa menikmati keindahan Sayang Heulang serta fasilitas yang ada di sana. Berikut ini beberapa tips untuk berwisata di Pantai Sayang Heulang.

1. Menggunakan Pakaian yang Sangat Nyaman

Saat pergi ke pantai tentunya perlu untuk menggunakan baju yang nyaman dan menyerap keringat. Bawa topi atau penutup kepala agar tidak kepanasan.

Walaupun di sana sudah ada gazebo namun bisa saja penuh dengan pengunjung yang lain. Tak ada salahnya membawa tikar kecil untuk bersantai.

2. Menyiapkan Uang yang Cukup

Berwisata di pantai ini tidak membutuhkan biaya yang besar. Tiket masuknya tergolong murah. Tetapi selain menyiapkan uang untuk tiket dan parkir, siapkan uang untuk membeli makanan di warung sekitar.

Tambahan biaya perlu disiapkan bila ingin menginap di penginapan sekitar.

3. Membeli Makanan di Warung Sekitar

Ada banyak warung makan yang ada di sekitar Pantai Sayang Heulang. Ada rumah makan untuk masakan padang, ada juga rumah makan yang menyediakan sea food.

Membeli Makanan di Warung Sekitar

Pengunjung bisa beli makanan yang ada di warung sekitar pantai ini. Periksa lebih dulu harga makanan yang akan dibeli. Namun bila ingin berhemat maka bisa membawa bekal makanan sendiri.

4. Bermalam di Penginapan Sekitar

Penginapan di sekitar pantai ini tergolong murah. Ada yang hanya 150 ribu rupiah per malam. Jika ingin lebih bagus maka bisa memilih yang biaya per malamnya lebih mahal.

Periksa lebih dulu fasilitas yang diberikan sehingga bisa mendapatkan harga menginap yang sesuai. Pelancong yang menginap bisa juga berwisata ke tempat lain yang ada di sekitar Garut.

5. Berhati-hati Saat Berada di Pantai

Pantai Sayang Heulang ini berbatasan langsung dengan Samudera Hindia jadi kadang memiliki ombak yang cukup besar. Bermain air di tepi pantai bisa saja dilakukan tapi perlu berhati-hati.

Sebaiknya tidak berenang di tengah pantai karena bisa membahayakan diri. Pemerintah daerah memang berencana untuk menyiapkan penjaga pantai di Garut, tapi pelancong perlu menjaga dirinya masing-masing.

6. Berwisata Bersama Teman dan Keluarga

Pergi ke pantai memang lebih menyenangkan bila bersama dengan banyak orang. Ini pas untuk liburan bersama keluarga atau teman. Di pantai, bisa melakukan aktivitas bersama-sama seperti bermain voli atau bermain pasir pantai.

Tempat wisata pantai memang memiliki daya tarik tersendiri. Keelokan alam dan suasana pantai tidak bisa digantikan tempat wisata lainnya. Di Garut sendiri ada beberapa wisata pantai yang patut untuk dikunjungi.

Pantai Sayang Heulang sendiri sudah dilakukan revitalisasi sehingga memiliki tampilan dan fasilitas yang jauh lebih baik dari sebelumnya. Jadi wisatawan tentunya tidak akan kecewa jika berwisata di pantai yang satu ini.

Penginapan Pantai Sayang Heulang yang Dekat dan Nyaman

Pantai Sayang Heulang di Garut, Jawa Barat, adalah destinasi wisata yang menawarkan keindahan pantai yang masih alami dan pemandangan laut yang memukau.

Bagi kamu yang ingin menikmati keindahan pantai ini lebih lama, berikut adalah beberapa penginapan yang bisa menjadi pilihan terbaik selama kamu berada di Pantai Sayang Heulang.

1. Penginapan Karanglaut Sayangheulang

Penginapan Karanglaut Sayangheulang
Penginapan Karanglaut Sayangheulang (Sumber: Agoda: Penginapan Karanglaut Sayangheulang)

Penginapan Karanglaut Sayangheulang menawarkan pengalaman menginap yang nyaman dengan pemandangan langsung ke pantai.

Terletak sangat dekat dengan Pantai Sayang Heulang, penginapan ini memberikan akses mudah ke pantai untuk menikmati sunrise dan sunset.

Fasilitas yang disediakan meliputi kamar yang bersih, tempat tidur yang nyaman, serta layanan yang ramah.

Penginapan ini cocok untuk keluarga atau kelompok yang ingin menikmati liburan dengan suasana yang tenang dan damai.

Berikut perkiraan harga yang perlu kamu ketahui:

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp177.920,00 Per Malam

Pesan Kamar Sekarang Penginapan Karanglaut Sayangheulang DISKON 56%

2. Penginapan Erbysa

Penginapan Erbysa
Penginapan Erbysa (Sumber: Agoda: Penginapan Erbysa)

Penginapan Erbysa adalah pilihan lain yang tidak kalah menarik untuk kamu yang ingin menginap dekat Pantai Sayang Heulang.

Penginapan ini dikenal dengan kenyamanannya serta fasilitas lengkap seperti kamar ber-AC, TV, dan kamar mandi dalam.

Selain itu, penginapan ini juga menawarkan area parkir yang luas dan keamanan 24 jam, sehingga kamu dapat beristirahat dengan tenang selama liburan.

Dengan harga yang terjangkau, Penginapan Erbysa menjadi favorit para wisatawan yang ingin menikmati keindahan Pantai Sayang Heulang tanpa harus mengeluarkan banyak biaya.

Berikut perkiraan harga yang perlu kamu ketahui:

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp122.893,00 Per Malam

Pesan Kamar Sekarang Penginapan Erbysa DISKON 72%

3. Penginapan Karanglaut Santolo

Penginapan Karanglaut Santolo
Penginapan Karanglaut Santolo (Sumber: Agoda: Penginapan Karanglaut Santolo)

Tidak jauh dari Pantai Sayang Heulang, kamu juga dapat menemukan Penginapan Karanglaut Santolo.

Penginapan ini memberikan suasana yang nyaman dengan fasilitas modern yang siap memanjakan kamu selama liburan.

Setiap kamar dilengkapi dengan tempat tidur yang nyaman, kamar mandi pribadi, dan pemandangan yang indah ke arah pantai.

Penginapan Karanglaut Santolo juga menyediakan layanan makanan dan minuman, sehingga kamu bisa menikmati hidangan lezat tanpa harus keluar dari area penginapan.

Lokasinya yang strategis membuat penginapan ini menjadi pilihan yang tepat bagi kamu yang ingin mengeksplorasi Pantai Sayang Heulang dan sekitarnya.

Berikut perkiraan harga yang perlu kamu ketahui:

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp210.000,00 Per Malam

Pesan Kamar Sekarang Penginapan Karanglaut Santolo DISKON 69%

4. Penginapan & Rumah Makan Bayu Samudra

Penginapan & Rumah Makan Bayu Samudra
Penginapan & Rumah Makan Bayu Samudra (Sumber: Google Maps: Penginapan & Rumah Makan Bayu Samudra)

Penginapan & Rumah Makan Bayu Samudra menawarkan paket lengkap bagi wisatawan yang ingin menginap dan menikmati kuliner lokal.

Terletak dekat dengan Pantai Sayang Heulang, penginapan ini menyediakan kamar-kamar yang nyaman dengan harga yang terjangkau.

Selain itu, rumah makan yang ada di dalam penginapan menyajikan berbagai menu makanan laut yang segar dan lezat.

Dengan suasana yang ramah dan fasilitas yang memadai, Penginapan & Rumah Makan Bayu Samudra menjadi pilihan ideal untuk wisatawan yang mencari kenyamanan dan kenikmatan kuliner dalam satu tempat.

Berikut perkiraan harga yang perlu kamu ketahui:

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp164.000,00 Per Malam

Pesan Kamar Sekarang Penginapan & Rumah Makan Bayu Samudra DISKON 60%