11 Wisata Pantai Jepara yang Wajib Dikunjungi: Surga Tersembunyi di Jawa Tengah

Pantai Jepara adalah pantai-pantai yang berada di daerah Jepara. Daerah ini merupakan salah satu daerah yang berada di Provinsi Jawa Tengah yang memiliki wilayah perairan.

Dengan itu, daerah Jepara memiliki sejumlah area pantai dengan keindahan alamnya yang memikat hati siapa saja yang mengunjunginya.

Wilayah Jepara

Jepara atau yang juga dikenal sebutan kota Jepara merupakan ibukota dari Kabupaten Jepara. Wilayah ini menjadi salah satu bagian dari provinsi Jawa Tengah yang ada di pulau Jawa.

Wilayah Jepara

Sejumlah masyarakat Indonesia mungkin lebih mengenal Jepara sebagai kota asal dari salah satu pahlawan wanita Indonesia yang amat populer yakni Raden Ajeng Kartini yang memang berasal dari kota Jepara ini.

Asal muasal kota ini dikenal nama Ujung Para yang memiliki makna sebagai daerah ujung karena memang sesuai dengan keberadaannya secara geografis di peta.

Memang secara geografis, Kota Jepara ini terletak di semenanjung dengan lokasi yang strategis dan mudah dijangkau oleh para pedagang. Nama Jepara ini berasal dari bahasa Jawa sendiri yakni kata Jepara yang berasal dari bahasa krama inggil yaitu jepanten.

Karena letaknya yang berada di daerah semenanjung, menjadikan Kota Jepara mempunyai beberapa tempat wisata berupa pantai.

Di sana, ada sejumlah pantai yang memiliki panorama yang indah yang mampu memanjakan siapa saja yang mengunjungi pantai-pantai ini.

Walaupun selain dari keberadaan pantai ini, tentu saja masih ada beberapa tempat wisata lainnya yang dapat dikunjungi sebagai tujuan wisata di Kota Jepara.

Wisata Pantai Jepara

Sebenarnya Indonesia sebagai negara yang memiliki garis pantai terpanjang di dunia tentu saja memiliki banyak sekali tempat wisata berupa pantai.

Jika yang paling dikenal adalah Bali atau Lombok sebagai favorit daerah wisata pantai dari negeri ini, sebenarnya ada banyak pantai lain yang mempunyai daya pikat karena keindahannya alam pantainya.

Hampir tiap wilayah pantai di nusantara dapat diunggulkan wisata baharinya. Salah satunya ialah pantai Jepara ini yaitu yang berada di Kota Jepara.

Berikut ini adalah beberapa deretan pantai yang ada di Kota Jepara yang bisa menjadi rekomendasi untuk tempat berwisata.

Pantai Jepara ini berada di sepanjang garis terluar wilayah Jepara yang berhadapan langsung dengan Laut Jawa.

Ada beberapa pulau kecil yang berada di area ini. Di area pulau-pulau kecil inilah, Pantai Jepara ini bisa ditemukan dan dinikmati keberadaan kecantikan panorama pantainya.

Untuk mencapai tempat pantai ini, beberapa ada yang dapat diakses langsung, beberapa ada yang harus menggunakan perahu. Ada juga sejumlah pantai yang bisa diakses dari pantai lainnya.

Keseluruh pantai Jepara ini menawarkan keelokan panorama alami pantai dengan pasir dan deburan ombaknya. Sangat sesuai untuk dijadikan rekomendasi berwisata bahari.

1. Taman Nasional Pantai Karimun Jawa

Taman Nasional Pantai Karimun Jawa

Pantai Karimun Jawa adalah salah satu pantai yang paling dikenal di Jepara. Pantai ini terletak di Laut Jawa, bagian dari kepulauan Karimun Jawa.

Pantai ini berada di Pulau Karimun, salah satu pulau di wilayah Jepara, tepatnya di pelabuhan Karimun Jawa.

Untuk mencapai pantai ini, dibutuhkan waktu sekitar tiga puluh menit perjalanan dengan mobil dari pusat Kota Jepara.

Setiap pengunjung kemudian bisa menaiki perahu atau speedboat yang disewakan di pelabuhan untuk mencapai Pulau Karimun Jawa.

Area pantai ini merupakan bagian dari Taman Nasional yang memerlukan izin khusus bagi siapa saja yang ingin memasukinya.

Namun, izin sudah diberikan untuk para wisatawan yang ingin menikmati keindahan Pantai Karimun Jawa.

Ada berbagai kegiatan yang ditawarkan untuk pengunjung di area pantai Karimunjawa.

Selain menikmati suasana pantai di pinggir dengan pemandangan laut lepas dan pasir putihnya, pengunjung juga difasilitasi dengan wisata kuliner hidangan laut, diving, snorkeling, dan wisata keliling pulau dengan kapal.

Biaya untuk menikmati keindahan pantai ini cukup terjangkau, meskipun ada biaya tambahan untuk sewa perahu.

Namun, biaya ini sangat sepadan dengan kenikmatan dan kenyamanan yang didapat saat menikmati pemandangan pantai di salah satu pantai terbaik di Jepara ini.

Lokasi lengkap menuju Taman Nasional Pantai Karimun Jawa:

Alamat: Karimunjawa, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah

2. Pulau Panjang

Selain pulau kecil Karimun Jawa dengan pantai lautnya yang telah disebutkan sebelumnya, pantai Jepara juga memiliki beberapa pulau lainnya dengan keindahan pantai yang tak kalah menarik.

Pulau Panjang
Pulau Panjang (Sumber: Google Maps: adhel_N)

Salah satunya adalah Pulau Panjang yang juga memiliki bentangan pantai yang memikat setiap pengunjungnya.

Pantai di Pulau Panjang ini memiliki keistimewaan tersendiri dibandingkan dengan pantai-pantai lain yang ada di Jepara maupun di wilayah nusantara.

Untuk mencapai Pulau Panjang, pengunjung harus melalui Pantai Kartini dengan jarak sekitar 2,5 km antara kedua pantai ini.

Seperti halnya pantai di Pulau Karimun Jawa, pantai di Pulau Panjang ini juga bisa digunakan untuk melakukan berbagai aktivitas wisata yang sama seperti di pantai Pulau Karimun Jawa.

Satu hal yang menarik dari pantai di Pulau Panjang ini adalah keberadaan dermaga panjang yang dinamakan Dermaga Cinta.

Sesuai namanya, dermaga ini didesain dengan gaya cinta untuk merepresentasikan namanya, Dermaga Cinta.

Selain itu, terdapat juga dermaga lain yang panjang yang mengarah langsung ke tengah laut. Tempat ini sering digunakan sebagai spot foto oleh para pengunjung karena memiliki pemandangan yang sangat indah, langsung menuju ke tengah laut.

Lokasi lengkap menuju Pulau Panjang:

Alamat: Ujungbatu I, Ujungbatu, Kec. Jepara, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah

3. Pantai Bandengan

Pantai Bandengan, seperti namanya, adalah salah satu pantai di Jepara yang terletak di Desa Bandengan, Kecamatan Jepara, Kabupaten Jepara.

Pantai Bandengan

Lokasinya sekitar tujuh km ke arah utara dari pusat Kota Jepara. Pantai ini juga dikenal dengan nama lain, Tirto Samudra.

Pantai ini merupakan tempat wisata paling populer di Jepara, yang banyak dikunjungi oleh wisatawan.

Hal ini tentu karena keindahan pantainya. Keistimewaan pantai ini terletak pada pasirnya yang lembut dan lautnya yang langsung mengarah ke Laut Jawa.

Bagi warga Jepara, Pantai Bandengan adalah tujuan wisata utama, salah satunya karena tidak memerlukan tiket masuk alias gratis. Pengunjung hanya perlu membayar biaya parkir kendaraan yang mereka bawa.

Lokasi lengkap menuju Pantai Bandengan:

Alamat: Jawa Tengah

4. Pantai Kartini

Pantai Kartini bisa disebut sebagai salah satu pantai yang sangat erat kaitannya dengan Kota Jepara.

Pantai Kartini

Hal ini karena nama pantai ini diambil dari nama pahlawan wanita, Kartini, yang berasal dari Jepara. Pantai Kartini berada di daerah Bulu, yang merupakan salah satu wilayah di Jepara.

Lokasi Pantai Kartini cukup dekat dengan pusat Kota Jepara, yaitu sekitar 2,5 km dari pendopo Kantor Bupati Jepara menuju arah barat.

Pantai ini juga menjadi gerbang untuk menuju pantai lain di Pulau Panjang, karena untuk mencapai pantai di Pulau Panjang, pengunjung harus melewati Pantai Kartini terlebih dahulu.

Keindahan pantai di Pantai Kartini memang sangat menonjol. Selain itu, ada daya tarik lain yang menjadi magnet bagi wisatawan, yaitu tempat penangkaran kura-kura.

Keberadaan penangkaran kura-kura ini menambah daya tarik Pantai Kartini. Tempat ini juga memiliki nilai edukasi bagi pengunjung, terutama anak-anak yang tentu tertarik dan penasaran dengan hewan laut ini.

Lokasi lengkap menuju Pantai Kartini:

Alamat: RT.01/RW.04, Rw. IV, Bulu, Kec. Jepara, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah 59418

5. Pantai Teluk Awur

Pantai lainnya di wilayah Jepara yang bisa direkomendasikan sebagai tempat wisata adalah Pantai Teluk Awur. Pantai ini terletak di daerah Teluk Awur, tepatnya di kawasan Tahunan, Jepara.

Pantai Teluk Awur

Letaknya hanya lima kilometer dari pusat Kota Jepara. Keindahan alam di Pantai Teluk Awur terlihat dari pasirnya dan ombak kecil yang bisa dinikmati sambil bermain air di laut.

Selain itu, pengelola Pantai Teluk Awur juga telah melengkapi pantai ini dengan berbagai fasilitas hiburan lainnya.

Ada rumah makan yang menyajikan hidangan kuliner dan banyak resort yang cocok untuk menghabiskan liburan bagi setiap wisatawan.

Lokasi lengkap menuju Pantai Teluk Awur:

6. Pantai Pungkruk

Salah satu pantai di Jepara yang menonjolkan sisi kulinernya adalah Pantai Pungkruk. Pantai ini terletak di daerah Mojorejo, tepatnya di kawasan Mlonggo.

Pantai Pungkruk
Pantai Pungkruk (Sumber: Google Maps: Arie murti Tobing)

Jaraknya sekitar 7 km dari kota Jepara. Pantai ini juga dekat dengan Pantai Bandengan, hanya sekitar 2 km jauhnya.

Pantai Pungkruk memiliki keunggulan dalam aspek kuliner karena di sini terdapat banyak lokasi bagi wisatawan untuk menikmati hidangan, khususnya ikan bakar yang menjadi makanan khas Jepara.

Selain itu, ada berbagai olahan hidangan laut lainnya yang dimasak dengan cara khas Jepara yang mampu memanjakan lidah para pengunjung.

Pantai Pungkruk juga memiliki satu lagi keunikan dalam aspek wisata kulinernya, yaitu pengelola pantai yang mendesain lokasi restoran di atas laut ini dengan bentuk bangunan seperti pendopo tradisional, memberikan nilai keunikan tersendiri.

Harga makanan yang disajikan juga relatif terjangkau.

Lokasi lengkap menuju Pantai Pungkruk:

Alamat: Rw. 01, Mororejo, Kec. Mlonggo, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah

7. Pantai Mandalika

Salah satu aktivitas yang erat kaitannya dengan berwisata di pantai adalah memancing. Maka, tidak mengherankan jika beberapa pengelola pantai menggabungkan wisata pantai dengan wisata pancing.

Pantai Mandalika
Pantai Mandalika (Sumber: Google Maps: Maju Mapan)

Hal inilah yang bisa ditemukan di Pantai Mandalika yang berada di kecamatan Jepara ini.

Pantai Mandalika terletak di sebuah pulau khusus yang berada tepat di utara wilayah Jepara, sekitar 2 km dari lepas pantai.

Pantai Mandalika di Pulau Mandalika ini adalah salah satu pantai yang paling ramai dikunjungi oleh para pemancing.

Hal ini disebabkan oleh keanekaragaman jenis ikan yang ada di pantai ini. Beragam jenis ikan dapat ditemukan di pulau ini, seperti kakap putih, kerapu, dan ikan pari.

Lokasi lengkap menuju Pantai Mandalika:

Alamat: Donorejo, Banyumanis, Kec. Donorojo, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah

8. Pantai Ombak Mati

Satu pantai lain yang memiliki keunikan tersendiri di Jepara adalah Pantai Ombak Mati. Pantai ini terletak di Desa Bondo, Kecamatan Bangsri, Kabupaten Jepara.

Pantai Ombak Mati
Pantai Ombak Mati (Sumber: Google Maps: Priyo Santoso)

Lokasinya cukup jauh dibandingkan pantai-pantai lainnya, yaitu sekitar 17 km dari kota Jepara.

Keunikan Pantai Ombak Mati terletak pada pasirnya yang berwarna kecoklatan, berbeda dengan kebanyakan pantai lainnya yang biasanya memiliki pasir berwarna putih.

Selain itu, sesuai dengan namanya, Pantai Ombak Mati hampir tidak memiliki ombak. Hal ini menjadikannya tempat yang sangat nyaman untuk bermain air dan berenang.

Pantai ini juga unggul dalam hal wisata kuliner yang memanjakan lidah para pengunjungnya. Terdapat berbagai menu olahan hidangan laut yang bisa dipilih oleh para pengunjung.

Lokasi lengkap menuju Pantai Ombak Mati:

Alamat: Pantai, Rw. I, Bondo, Kec. Bangsri, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah 59453

9. Pantai Pailus

Satu pantai di Jepara yang berbeda dari yang lain adalah Pantai Pailus. Jika kebanyakan pantai menonjolkan jumlah pengunjung yang banyak, Pantai Pailus mempertahankan citra sebagai pantai perawan yang sepi pengunjung.

Pantai Pailus
Pantai Pailus (Sumber: Google Maps: Heri Ceha)

Untuk menunjang citra ini, area pantai ini sangat minim kios atau toko yang berjualan seperti pantai lainnya.

Dengan demikian, kesan sepi dan personal dapat dirasakan oleh setiap pengunjung, membuat pantai ini terasa seperti milik pribadi.

Pantai ini terletak di Desa Karanggondang, Kecamatan Mlonggo, Kabupaten Jepara. Perjalanan menuju pantai ini memerlukan waktu sekitar 1 jam dari Kota Jepara menuju arah Mlonggo.

Lokasi lengkap menuju Pantai Pailus:

Alamat: Jawa Tengah

10. Pantai Blebak

Jika kebanyakan pantai di Jepara menawarkan keindahan pemandangan atau wisata kuliner, Pantai Blebak berbeda dengan menyediakan beragam aktivitas permainan di pinggir pantai.

Pantai Blebak

Permainan seperti sepeda air, kano, banana boat, dan perahu dapat disewa langsung oleh pengunjung Pantai Blebak.

Lokasinya cukup dekat dari pusat Kota Jepara, sekitar 10 km, tepatnya di desa Sekuro. Biaya sewa permainan di pantai ini juga cukup terjangkau untuk setiap jenis permainan.

Para pengunjung pantai tidak hanya bisa menikmati pemandangan pantai dan laut, tetapi juga merasakan keseruan berbagai permainan di pinggir pantai.

Lokasi lengkap menuju Pantai Blebak:

Alamat: Jawa Tengah

11. Pantai Mojorejo

Pantai Mojorejo di kawasan pantai Jepara menawarkan kesan romantis bagi para pengunjungnya.

Pantai Mojorejo
Pantai Mojorejo (Sumber: Google Maps: Ardhii Ant)

Pemandangan pantai ini sangat indah terutama pada malam hari, menjadi daya tarik utama dari pantai yang terletak di daerah Mojorejo, khususnya di daerah Mlonggo, Kota Jepara.

Untuk mencapai Pantai Mojorejo, pengunjung harus melewati Pantai Kartini terlebih dahulu, kemudian menggunakan kapal motor sejauh dua setengah kilometer menuju Pantai Mojorejo.

Ini adalah beberapa nama pantai di Jepara yang merupakan referensi wisata pantai di Kota Jepara, Provinsi Jawa Tengah. Setiap pantai di atas memiliki keunggulan sendiri dalam hal keindahan pemandangan pantai.

Dilengkapi dengan fasilitas tambahan seperti wisata kuliner, permainan air, dan keindahan lainnya, Pantai Jepara menawarkan keunikan tersendiri.

Berlibur ke pantai merupakan pilihan yang populer bagi banyak orang. Mengunjungi Pantai Jepara dapat menjadi alternatif yang menarik, tidak hanya bagi warga lokal Kota Jepara tetapi juga bagi siapa pun yang ingin menikmati keindahan Pantai Jepara.

Lokasi lengkap menuju Pantai Mojorejo:

Alamat: Rw. I, Mororejo, Kec. Mlonggo, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah 59432

Hotel di Jepara dekat Pantai yang Terbaik

Jepara, sebuah kabupaten yang terletak di pesisir utara Jawa Tengah, menawarkan keindahan pantai yang memukau dan berbagai destinasi wisata menarik.

Bagi kamu yang merencanakan liburan ke Jepara, memilih hotel yang tepat adalah langkah penting untuk memastikan kenyamanan dan pengalaman yang tak terlupakan.

Berikut adalah beberapa rekomendasi hotel dekat Pantai Jepara yang dapat menjadi pilihan ideal untuk kamu.

1. Hotel d’Season Premiere Jepara

Hotel d'Season Premiere Jepara
Hotel d’Season Premiere Jepara (Sumber: Agoda: D’Season Premiere Hotel)

Hotel d’Season Premiere Jepara adalah pilihan tepat bagi kamu yang mencari kenyamanan dan kemewahan.

Terletak hanya beberapa menit dari Pantai Kartini, hotel ini menawarkan berbagai fasilitas modern yang akan membuat kamu betah selama menginap.

Mulai dari kolam renang outdoor, restoran dengan menu internasional, hingga kamar-kamar yang dilengkapi dengan AC, TV kabel, dan Wi-Fi gratis.

Lokasinya yang strategis memudahkan akses ke berbagai destinasi wisata di Jepara, menjadikan hotel ini pilihan populer di kalangan wisatawan.

Berikut perkiraan harga yang perlu kamu ketahui:

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp611.099,00 Per Malam

Pesan Hotel Sekarang Hotel d’Season Premiere Jepara DISKON Up To 81%

2. The Palm Beach Resort Jepara

The Palm Beach Resort Jepara
The Palm Beach Resort Jepara (Sumber: Google Maps: The Palm Beach Resort Jepara)

The Palm Beach Resort Jepara menawarkan pengalaman menginap yang menyatu dengan alam. Terletak di tepi Pantai Bandengan, resort ini dikelilingi oleh pepohonan kelapa dan pemandangan laut yang menakjubkan.

Setiap kamar didesain dengan nuansa tropis dan dilengkapi dengan fasilitas lengkap seperti AC, TV, dan balkon pribadi.

Resort ini juga menyediakan berbagai aktivitas seperti olahraga air, bersepeda, dan area bermain anak-anak, menjadikannya pilihan sempurna untuk keluarga yang ingin menikmati liburan yang menyenangkan.

Berikut perkiraan harga yang perlu kamu ketahui:

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp488.000,00 Per Malam

Pesan Hotel Sekarang The Palm Beach Resort Jepara DISKON Up To 65%

3. Ocean View Residence – Hotel Jepara

Ocean View Residence - Hotel Jepara
Ocean View Residence – Hotel Jepara (Sumber: Agoda: Ocean View Residence)

Ocean View Residence adalah hotel bintang empat yang menawarkan pemandangan laut yang spektakuler.

Terletak di kawasan yang tenang, hotel ini menyediakan kamar-kamar yang nyaman dengan desain modern dan fasilitas mewah.

Tamu dapat menikmati kolam renang infinity yang menghadap langsung ke laut, serta restoran yang menyajikan berbagai hidangan lokal dan internasional.

Dengan layanan yang ramah dan profesional, Ocean View Residence memastikan pengalaman menginap yang tak terlupakan bagi setiap tamu.

Berikut perkiraan harga yang perlu kamu ketahui:

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp550.755,00 Per Malam

Pesan Hotel Sekarang Ocean View Residence DISKON Up To 58%

4. Tilem Beach Hotel and Resort

Tilem Beach Hotel and Resort
Tilem Beach Hotel and Resort (Sumber: Google Maps: Whinny Ebony)

Tilem Beach Hotel and Resort merupakan pilihan tepat bagi kamu yang mencari ketenangan dan privasi.

Terletak di area Pantai Teluk Awur, resort ini menawarkan suasana yang tenang dengan pemandangan pantai yang eksotis.

Kamar-kamar di Tilem Beach Hotel and Resort didesain dengan sentuhan tradisional namun tetap menyediakan fasilitas modern seperti AC, TV, dan Wi-Fi.

Resort ini juga memiliki restoran dengan pemandangan laut, serta berbagai fasilitas rekreasi seperti spa dan area bermain anak, menjadikannya pilihan ideal untuk liburan romantis maupun keluarga.

Berikut perkiraan harga yang perlu kamu ketahui:

KeteranganKapasitasHarga
1 Kamar2 OrangRp782.407,00 Per Malam

Pesan Hotel Sekarang Tilem Beach Hotel and Resort DISKON Up To 67%

Rekomendasi Kuliner khas Jepara

Jepara tidak hanya terkenal dengan keindahan pantainya, tetapi juga dengan kuliner khasnya yang lezat dan unik.

Rekomendasi Kuliner khas Jepara

Berikut adalah beberapa kuliner khas Jepara yang wajib dicoba wisatawan saat berkunjung ke sana.

  1. Pindang Serani: Salah satu hidangan khas Jepara yang terbuat dari ikan laut segar yang dimasak dengan bumbu pindang yang khas. Kuahnya yang gurih dan sedikit asam membuat hidangan ini sangat menggugah selera.
  2. Horok-Horok: Makanan ringan khas Jepara yang terbuat dari tepung sagu. Makanan ini sering disajikan dengan parutan kelapa dan gula merah, menciptakan rasa manis dan gurih yang nikmat.
  3. Blenyik: Sejenis kerupuk yang terbuat dari ikan teri yang diolah dengan tepung tapioka. Rasanya yang gurih dan renyah membuat blenyik menjadi camilan favorit di Jepara.
  4. Lontong Krubyuk: Hidangan lontong yang disajikan dengan kuah santan dan potongan daging ayam atau sapi. Hidangan ini biasanya dilengkapi dengan bumbu kacang dan sambal, memberikan cita rasa yang kaya dan lezat.
  5. Kuluban: Salad sayuran khas Jepara yang terdiri dari berbagai sayuran segar seperti kacang panjang, kangkung, dan tauge, yang disiram dengan bumbu kacang dan kelapa parut. Hidangan ini sehat dan penuh dengan cita rasa tradisional.
  6. Sop Udang Jepara: Hidangan sup yang dibuat dari udang segar yang dimasak dengan rempah-rempah khas Jepara. Kuahnya yang kaya akan bumbu dan udang yang empuk membuat hidangan ini sangat lezat.
  7. Opor Panggang: Variasi opor ayam yang unik karena ayamnya dipanggang terlebih dahulu sebelum dimasak dengan kuah santan. Proses pemanggangan ini memberikan cita rasa yang lebih kaya dan aroma yang menggugah selera.
  8. Sate Serepeh: Sate khas Jepara yang menggunakan daging ayam atau kambing yang disajikan dengan bumbu kacang dan kelapa parut. Rasanya yang manis dan gurih membuat sate ini berbeda dari sate pada umumnya.